aktivitas perencanaan produksi berkaitan dengan

aktivitas perencanaan produksi berkaitan dengan

jawaban

Aktivitas perencanaan produksi berkaitan dengan proses produksi

Penjelasan:

Perencanaan merupakan prinsip-prinsip manajemen yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk bisnis. Perencanaan yang baik akan menghasilkan produksi yang baik pula begitu juga sebaliknya, karena perencanaan yang gagal sama dengan merencanakan kegagalan.

jelaskan berbagai konsep didalam ilmu manajemen modern saat ini yg memiliki hubungan sangat erat dengan scientific management approach?

Jelaskan berbagai konsep didalam ilmu manajemen modern saat ini yg memiliki hubungan sangat erat dengan scientific management approach?

Jawaban

Pendahuluan

Kegiatan dan pemikiran manajemen ternyata sudah ada bersama dengan sejarah manusia. Keberadaan ilmu manajemen sudah dipastikan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Definisi manajemen secara umum adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya organisasi.

Pembahasan

Manajemen modern adalah manajemen yang pada periodenya ditandai dengan sudah dipelajari manajemen sebagai ilmu yang mempunyai dasar-dasar logika ilmiah, sehingga banyak melibatkan ahli manajemen maupun ahli ekonomi untuk melakukan penelitian tentang manajemen yang menghasilkan berbagai teori maupun aliran manajemen. konsep manajemen modern menurut Koontz dan Weihrich terdiri dari :

  1. Planning atau perencanaan
  2. Organizing atau pengorganisasian.
  3. Staffing atau pengisian staf.
  4. Leading atau memimpin.
  5. Controlling atau pengendalian.

Scientific management adalah manajemen yang menggunakan ilmu (science) dan scientific method. Sedangkan Sciectific method adalah suatu pendekatan yang tepat terhadap suatu objek ilmu yang tujuan utamanya ialah untuk menambah pengetahuan yang sudah ada. ciri-ciri dari scitific management adalah :

  1. Tersusun secara sistematis atau teratur.
  2. Dapat dipelajari dan diajarkan.
  3. Menggunakan metode-metode ilmiah.
  4. Dapat dijadikan suatu teori.
  5. Objektif dan rasional.
Baca Juga  Dibawah ini faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah?

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka kita dapat mengetahui bahwa konsep didalam ilmu manajemen modern sangat erat kaitannya dengan scientific management karena dasar dari manajemen modern adalah logika ilmiah sedangkan scientific management menggunakan dasar objek ilmu dimana objek ilmu itu selalu menggunakan logika. jadi baik manajemen modern maupun scientific management sama-sama menggunakan ilmu pengetahuan sebagai dasarnya.