berikut yang bukan merupakan prinsip pengolahan limbah keras

berikut yang bukan merupakan prinsip pengolahan limbah keras

A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle

jawaban

Dalam pengolahan limbah keras, yang tidak termasuk dalam salah satu prinsip yang diterapkan adalah (C) redundant.

Pembahasan

Pilihan (C) benar karena arti dari kata redundant adalah berulang sehingga tidak memiliki hubungan apapun terhadap prinsip pengolahan limbah keras.

Pilihan (A), (B), dan (D) salah karena:

  • Pilihan (A): reduce adalah salah satu prinsip pengolahan limbah keras yang merupakan kegiatan mengurangi penggunaan suatu barang yang memiliki potensi menjadi limbah. Tujuan utama dari reduce adalah mencegah bertambahnya limbah di lingkungan alam. Contoh dari kegiatan reduce adalah mengurangi penggunaan kantong plastik pada supermarket dengan membawa tas belanja ketika berbelanja.
  • Pilihan (B): reuse adalah salah satu prinsip pengolahan limbah keras yang merupakan kegiatan menggunakan kembali suatu barang tanpa mengubah fungsi atau bentuknya sehingga tidak menjadi limbah di lingkungan alam. Sama seperti reduce, tujuan utama dari reuse juga merupakan mencegah bertambahnya limbah di lingkungan alam. Contoh dari kegiatan reuse adalah menggunakan kembali kantong plastik ketika berbelanja di kemudian hari.
  • Pilihan (D): recycle adalah salah satu prinsip pengolahan limbah keras yang merupakan kegiatan daur ulang atau mengubah fungsi dan bentuk dari suatu limbah sehingga bisa menjadi produk yang bisa digunakan kembali. Tujuan dari kegiatan recycle adalah mengurangi limbah yang ada di lingkungan alam. Contoh dari recycle adalah mengubah tempurung kelapa menjadi gantungan kunci.
Baca Juga  Memiliki daun yang lebar dan batang berongga merupakan ciri-ciri penyesuaian diri tumbuhan?