kewajiban dasar setiap manusia adalah pengertian dari

kewajiban dasar setiap manusia adalah pengertian dari

jawaban

Kewajiban dasar setiap manusia adalah kewajiban asasi manusia. Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Kewajiban asasi manusia merupakan bentuk pembatasan atas HAM.

Penjelasan

Kewajiban asasi manusia diatur dalam UU RI No 39 Tahun 1999 pasal 1 ayat 2. Kewajiban asasi manusia adalah kewajiban yang jika tidak dilaksanakan maka tidak akan terlaksana dan tegaknya hak asasi manusia. Kewajiban asasi manusia harus dijalankan oleh setiap manusia untuk menegakkan HAM.

Pelajari lebih lanjut materi tentang kewajiban asasi manusia pada

Kewajiban dapat didefinisikan segala sesuatu yang harus dilakukan seseorang baik karena hukum, kebutuhan atau karena itu adalah tugas mereka . Seperti kewajiban hukum, kewajiban moral, kewajiban bertanggung jawab dan lain-lain.

Kewajiban asasi manusia adalah sesuatu yang wajib di lakukan oleh setiap individu sebagai makhluk hidup.

Contoh Kewajiban Asasi Manusia

a. Kewajiban manusia menjalankan tugasnya sebagai makhluk hidup . Contoh: berbuat baik kepada sesama manusia

b. Kewajiban sosial atas dasar norma dan tingkah laku yang telah berlaku di masyarakat. Contoh: tidak bertamu di rumah orang melebihi pukul 21.00 malam.

c. Kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, seperti beribadah kepada Tuhan YME (sholat bagi umat Islam, beribadah ke gejera bagi umat Kristiani)

d. Kewajiban menghargai hak asasi manusia, seperti tidak merampas hak milik orang lain. Contoh: Tidak mencuri, tidak membunuh, dan lain-lain.

Baca Juga  Setelah dicetuskannya Sumpah Pemuda semua organisasi pemuda dilebur dengan nama?