Berapa jumlah bulu dalam burung garuda??

Berapa jumlah bulu dalam burung garuda??

jawaban

70 bulu,yaitu:
sisik dileher berjumlah 45 yang menandakan “tahun”
masing-masing sayap berjumlah17 yang menandakan “tanggal”
dan diekor burung garuda yang berjumlah 8 menandakan “bulan”
dimana negara indonesia meneriakkan dengan bebas mengatakan merdeka.

Arti perisai pada dada burung garuda adalah sebagai berikut:

  1. Perisai pada dada garuda tersebut merupakan perlambang dari perjuangan, perlindungan juga pertahanan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasionalnya.
  2. Pada bagian tengah perisai terdapat garis hitam mendatar yang adalah lambang dari garis khatulistiwa yang menandai letak geografis Indonesia yang memang berada di garis equator.
  3. Warna dasar yang ada pada perisai adalah merah dan putih yang adalah perlambang dari bendera bangsa.
  4. Lima buah ruang pada perisai berisi lima sila pancasila yang adalah perlambang kelimanya merupakan jiwa dari Indonesia.

» Pembahasan

Garuda Pancasila adalah lambang resmi dari Negara Indonesia. Pada lambang Garuda ini terdapat tulisan BHINNEKA TUNGGAL IKA yang adalah semboyan bangsa. Arti dari Bhinneka Tunggal Ika ini adalah Berbeda-beda Tetapi Satu Jua.

Garuda sebagai lambang Indonesia adalah hasil kerja dari Sultan Hamid II yang menurut sejarah disempurnakan Ir. Soekarno. Garuda Pancasila ini resmi menjadi lambang negara Indonesia pada 11 Februari tahun 1950.

Burung Garuda dipilih karena berbagai alasan filosofis sebab burung ini melambangkan keberanian, kebajikan, kekuatan, pengetahuan, disiplin dan kesetiaan. Garuda juga dipercaya memiliki sifat Wishnu yakni pemelihara.

Baca Juga  Kepanjangan dari BPUPKI adalah?