Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Jangan Langsung Panik, Yuk Intip Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Teknologi yang semakin berkembang menjadikan barang yang sebelumnya tak begitu penting menjadi kebutuhan. Hal ini terlihat pada android yang menjadi benda yang selalu dalam genggaman. Tak hanya dijadikan alat komunikasi tapi juga menyimpan banyak file. Lalu bagaimana jika terhapus? Jangan panik, berikut cara mengembalikan file yang terhapus di android.

Langkah Mengembalikan File Terhapus Pada Android

Memanfatkan Google Drive

Memanfatkan Google Drive

Banyak android yang memiliki aplikasi ini di perangkatnya, sehingga jika anda tanpa sengaja menghapus file anda bisa memanfaatkan Google Drive ini. Anda hanya perlu untuk mengunjungi bagian trash kemudian mengembalikan semua data yang hilang. Apalagi Google Drive tidak memiliki batasan waktu untuk pemulihan data, sehingga anda bisa mengandalkannya.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger

Salah satu yang banyak dipilih untu memulihkan aplikasi yang terhapus adalah dengan menggunakan aplikasi. DiskDigger bisa anda jadikan pilihan untuk anda yang tidak ingin repot. Sebagai langkah awal anda harus mengunduh aplikasi satu ini di PlayStore secara gratis. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengembalikan file di memori internal atau eksternal.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatur Memori HP di WhatsApp

Penggunaannya yang mudah akan memudahkan anda dalam menerapkan cara mengembalikan file yang terhapus di android satu ini. Perlu anda tahu jika aplikasi ini tidak membutuhkan root pada smartphone anda. Keunggulan lainnya, aplikasi ini mampu untuk menyortir data berdasarkan tanggal hingga ukuran dari filenya.

Mencoba Software Recuva

Recuva juga menjadi salah satu software yang banyak digunakan untuk mengembalikan data yang hilang. Hanya saja untuk mengembalikannya, anda harus menggunakan laptop atau pc. Dengan menggunakan cara ini, anda bisa mengembalikan data yang berada di memori internal ataupun eksternal dengan begitu mudah dan juga cepat. Pastikan anda sudah mengunduh softwarenya.

Baca Juga  Wajib Tahu, Cara Sharing Printer Windows 10 Melalui LAN WIFI

Apabila anda sudah mengunduhnya, maka anda tinggal menyambungkan perangkat Android anda pada komputer dengan bantuan kabel USB. Setelah itu cara mengembalikan file dengan software ini adalah dengan memilih file mana yang akan dikembalikan. Ketika bingung, anda bisa memilih All Files agar semua file terhapus kembali.

Langkah selanjutnya, anda harus memilih tempat penyimpanan yang terakhir sebelum file terhapus. Kemudian tekan OK untuk memulai proses pemulihan file anda. Setelah itu cara mengembalikan file yang terhapus di android adalah menunggu hingga proses scanning selesai. Anda tinggal menyortir kembali file mana saja yang ingin dikembalikan.

Memanfaatkan Aplikasi Wondershare Dr.Fone

Aplikasi Wondershare Dr.Fone

Masih menggunakan PC atau Laptop, anda bisa memanfaatkan aplikasi atau software Wondershare Dr. Fone. Dirancang khusus guna mengorganisasikan data, anda bisa mengembalikan file yang terhapus dengan permanen. Sebagai langkah pertama anda harus menginstall lebih dahulu software pada PC atau Laptop.

Jika sudah, langsung saja anda sambungkan perangkat android anda menggunakan kabel USB. Dalam langkah ini anda perlu untuk mengaktifkan mode USB debugging pada perangkat Android anda. Dengan begitu maka hp sudah bisa terhubung dengan aplikasi satu ini. Anda hanya perlu untuk memilih jenis file mana yang butuh untuk anda kembalikan.

Baca Juga : Dijamin Berhasil, 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android

Begitu selesai memilih maka aplikasi akan otomatis melakukan scanning. Dan semua file yang terhapus akan kembali muncul. cara mengembalikan file yang terhapus di android ini memungkinkan anda memilih file mana yang ingin dikembalikan dengan memilih Recover. Selain bisa untuk mengembalikan, aplikasi ini juga bisa untuk backup data anda.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk kembalikan file yang terhapus. Cara cara tersebut bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan yang ditawarkan. Yang jelas cara yang telah disebutkan mampu untuk mengembalikan file yang tanpa sengaja terhapus.

Baca Juga  Sudah Tahu Cara Membuat Logo? Yuk Intip Tutorial Aplikasi Picsay Di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *