ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku ikhlas

ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku ikhlas

jawaban

Sifat terpuji mempunyai arti yaitu perbuatan baik yang dicintai oleh Allah, orang yg melakukan sifat terpuji akan mendapat pahala dari Allah. Seharusnya kita memiliki sifat terpuji karena sifat terpuji adalah sifat yang di senangi oleh allah.

Salah satu sifat terpuji yaitu ikhlas. Ikhlas adalah salah satu perilaku seseorang yang apabila mengerjakan sesuatu tidak mengharapkan imbalan apapun. Seseorang yang melakukan sesuatu dengan ikhlas hanya mengharapkan ridha dari Allah. Adapun Dalil Al-quran yang menerangkan tentang Ikhlas ialah :

Surat An-Nisa ayat 36 :

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ

Arti: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Mengapa kita harus memiliki sikap ikhlas? Kita diharuskan ikhlas dalam menghadapi suatu hal, karena apabila kita ikhlas dalam melakukan sesuatu maka kita akan terhindar dari stress,membuat diri kita lebih kuat dalam menghadapi sesuatu tersebut dan membuat diri kita lebih dekat dengan Allah.

Lima Manfaat memiliki sikap ikhlas :

1. Hidup menjadi tenang dan tentram.

2. Amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

3. Dibukanya pintu ampunan, dan dihapuskannya dosa serta dijauhkan dari api neraka.

4. Diangkatnya derajat dan martabat oleh Allah SWT.

5. Doa kita akan diijabah.

Baca Juga  orang yang akan menikah menjadi wajib hukumnya apabila

Pembahasan Soal

Cerita tentang ikhlas : Pada suatu hari Isna disuruh ibunya pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan. Isna berangkat ke pasar dengan senang hati dan tidak mengharapkan imbalan dari ibunya. Isna sangat ikhlas apabila di perintahkan oleh orangtuanya, karena ia yakin jika memiliki sifat ikhlas maka Hidup akan menjadi tenang dan tentram.

Kesimpulan dari soal diatas Ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku ikhlas! Cerita tentang ikhlas : Pada suatu hari Isna disuruh ibunya pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan. Isna berangkat ke pasar dengan senang hati dan tidak mengharapkan imbalan dari ibunya. Isna sangat ikhlas apabila di perintahkan oleh orangtuanya, karena ia yakin jika memiliki sifat ikhlas maka Hidup akan menjadi tenang dan tentram.