jelaskan teknik dasar servis dalam permainan bola voli

jelaskan teknik dasar servis dalam permainan bola voli

jawaban

beberapa teknik, diantaranya ialah :

1.Service ialah merupakan pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai rally dalam pertandingan. Terdapat empat jenis servis yaitu lompat, bawah, atas, dan samping

2.Passing ialah merupakan memberikan umpan kepada rekan satu tim ataupun mengarahkan bola langsung ke daerah lapangan lawan. Terdapat dua jenis passing yaitu passing bawah dan passing atas

3.Smash ialah merupakan teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin agar bola tersebut jatuh ke daerah lapangan regu lawan

4.Blocking ialah merupakan teknik bertahan untuk menghalau serangan smash dari lawan agar bola tidak melewati net

atau

 Macam-macam teknik servis dalam permainan bola voli adalah :

  • 1) Servis Bawah. Servis bawah adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan jari–jari tangan yang menggenggam, dimana pukulan ini dilakukan dengan cara bola sedikit dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut.
  • 2) Servis Atas. Servis atas adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan jari–jari tangan yang terbuka dan rapat, serta bola dipukul menggunakan telapak tangan. Bola yang dipukul pun harus dilambungankan dengan tinggi diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala.
  • 3) Servis Menyamping. Servis menyamping adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan ayunan tangan yang sedikit menggenggam serta dalam posisi badan yang berdiri menyamping dengan net.

 

Pembahasan

Servis adalah bentuk serangan yang pertama dalam permainan bola voli. Servis sendiri pada dasarnya terbagi menjadi 3 jenis, ada servis atas, servis bawah, dan servis menyamping. Beriktu penjelasannya.

SERVIS BAWAH  

Baca Juga  jarak yang ditempuh untuk renang gaya dada adalah

Servis bawah adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan jari–jari tangan yang menggenggam, dimana pukulan ini dilakukan dengan cara bola sedikit dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut.

SERVIS ATAS

Servis atas adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan jari–jari tangan yang terbuka dan rapat, serta bola dipukul menggunakan telapak tangan. Bola yang dipukul pun harus dilambungankan dengan tinggi diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala.

SERVIS MENYAMPING

Servis menyamping adalah servis yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan ayunan tangan yang sedikit menggenggam serta dalam posisi badan yang berdiri menyamping dengan net.