apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis

apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis

Paragraf 2:
a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di
rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!
Paragraf 3
a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara
berurutan!
b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?
Paragraf 4:
Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?
Paragraf 5:
Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!​

jawaban

Paragraf 1

Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

Jawaban: Ditemukannya arus listrik oleh Michael Faraday.

 

Paragraf 2

a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Jawaban: Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang

yang dapat merambat meski tidak ada media perantara.

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga

sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

Jawaban: Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa  pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.  Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah  penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

 

Paragraf 3

a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan

secara berurutan!

Jawaban: Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik.

Baca Juga  ilustrasi yang disertakan pada sampul buku disebut

b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?

Jawaban: Manfaat arus listrik antara lain untuk menyalakan beragam peralatan elektronik yang ada di rumah warga.

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

Jawaban: Perbedaan rangkain seri dan paralel adalah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun secara berderet.

 

Paragraf 4

Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

Jawaban: Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga kita harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

 

Paragraf 5

Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

Jawaban: Ada, penulis berpesan bahwa kita harus tetap bijaksana  menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penjelasan

Arus listrik ditemukan pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Michael Faraday adalah tokoh yang menemukan arus listrik. Michael Faraday sebagai penemu arus listrik berasal dari  keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan  pendidikan di sekolahnya, namun karena sifatnya yang semangat dan pantang menyerah, melalui perjuangan keras yang dilaluinya, Michael Faraday berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

 

Arus listrik adalah aliran muatan listrik yang mengalir dalam satuan waktu, arus listrik merupaka gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang  yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Hasil dari perubahan medan magnet dan  medan listrik yang terjadi terus menerus akan membentuk gelombang elektromanetik, kemudia proses itu akan memicu untuk terhasilnya suatu arus, arus itu disebut sebagai arus listrik.

 

Pada pusat pembangkit listrik, terdapat generator raksasa sebai tempat untuk menghasilkan arus listrik. Kemudia arus listrik tersebut disalurkan melalui  jaringan listrik tegangan tinggi, yaitu jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.  Gardu-gardu penerima akan menyalurkan arus listrik yang akan disalurkan ke rumah-rumah atau tempat yang membutuhkannya.

Baca Juga  sebelum melakukan kegiatan percobaan hal-hal yang harus dipersiapkan adalah

 

Arus listrik yang diterima di rumah akan disalurkan dengan  rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Biasanya rangkaian kabel tersebut terletak di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding  rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam  peralatan elektronik. Rangkaian  listrik dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.  Rangkaian seri dan paralel adalah jenis rangkaian listrik yang digunakan  untuk menyambungkan dua atau lebih komponen listrik sehingga  menjadi sebuah satu kesatuan utuh. Rangkaian seri dan paralel memiliki perbedaanya masing-masing, perbedaannya dapat kakak lihat pada lampiran.