bagaimana penyusunan gambar ilustrasi pada gambar cerita

bagaimana penyusunan gambar ilustrasi pada gambar cerita

jawaban

Jawaban:

1. mempersiapkan alat dan Bahan yg ingin kita pakai

2. menentukan TEMA dr gambar yang ingin kita buat agar dapat memudahkan kita untuk menentukan objek Dr gambar kita

3. membuat Sketsa,, pembuatan sketsa DI sarankan agar membuat lebih dari satu agar nantinya sketsa yang lebih BAGUS,,bru kita pilih

4.Menyempurnakan gambar cerita yang telah kita buat

Penjelasan:

gambar ilustrasi merupakan gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi.

Jenis2 gambar ilustrasi dibedakan menjadi 5 yaitu:

1.Kartun

2.karikatur

3.komik

4.ilustrasi karya sastra

5.vignette

Jenis – Jenis Ilustrasi

Berdasarkan penampilannya, gambar ilustrasi memiliki bentuk yang bermacam – macam. Diantaranya bentuk naturalis, dekoratif, kartun, karikatur, cergam, dan ilustrasi khayalan.

1. Gambar Ilustrasi Naturalis

Gambar ilustrasi naturalis adalah gambar yang memiliki bentuk dan warna yang sama dengan kenyataan (realis) yang ada di alam tanpa adanya pengurangan atau pun penambahan.

 

2. Gambar Ilustrasi Dekoratif

Gambar ilustrasi dekoratif adalah gambar yang berfungsi untuk menghiasi sesuatu dengan bentuk yang disederhanakan atau dilebih – lebihkan (dipergaya).

 

3. Gambar Kartun

Gambar kartun adalah gambar yang memiliki bentuk – bentuk yang lucu atau memiliki cirri khas tertentu. Biasanya gambar kartun banyak menghiasi majalah anak – anak, komik, dan cerita bergambar.

 

4. Gambar Karikatur

Gambar karikatur adalah gambar kritikan atau sindiran yang dalam penggambarannya telah mengalami penyimpangan bentuk proporsi tubuh. Gambar ini banyak ditemukan di majalah atau koran.

 

5. Cerita Bergambar (Cergam)

Cerita bergambar adalah sejenis komik atau gambar yang diberi teks. Teknik menggambar cergam dibuat berdasarkan cerita dengan berbagai sudut pandang penggambaran yang menarik.

Baca Juga  Seni menulis huruf Arab yang indah disebut?

 

6. Ilustrasi Buku Pelajaran

Ilustrasi buku pelajaran berfungsi untuk menerangkan teks atau suatu keterangan peristiwa baik ilmiah mmaupun gambar bagian. Bentuknya bisa berupa foto, gambar natural, juga bisa berbentuk bagan.

 

7. Ilustrasi Khayalan

Gambar ilustrasi khayalan adalah gambar hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif (khayal). Cara penggambaran seperti ini banyak ditemukan pada ilustrasi cerita, novel, roman, dan komik.