mingkar mingkuring angkara tembung angkara tegese

mingkar mingkuring angkara tembung angkara tegese

jawaban

Tembung angkara duweni  teges podo karo hawa nafsu sing ala yaiku gampang nesu (pemarah).

Pembahasan

Dalam bahasa jawa mempunyai berbagai macam bahasa yaitu bahasa ngoko, madya, krama, dan bahasa kedhaton, oleh karenanya dalam bahasa jawa ada juga bahasa yang berarti sama atau yang disebut dengan dasanama.

Dasanama

Arti dasanama (sinonim) secara keseluruhan adalah tembung-tembung kang duweni tunggal teges yaiku padha utawa meh padha karo tegese sing gegandhengan ing bahasa Jawa ana warna basa kang manut kanthi unggah-ungguh sing bisa kanthi diperinci dadi pirang-pirang warnae, mula ana tembung sepuluh, luweh utawa ana sing kurang saka sepuluh nanging isih podo karo tunggal tegese.

Jika dijelaskan dalam bahasa indonesia dasanama yaitu merupakan gabungan dari dua buah kata, yaitu dasa dan nama. Penjelasan dari pengertian dua kata tersebut yaitu sebagai berikut:

a. Dasa yaiku merupakan kata bilangan berarti sepuluh, contohnya eka, dwi, tri, catur, panca, sad, sapta, astha, nawa, dasa.

b. Nama berarti nama.

Atau jika dijelaskan dalam kata lain yaitu dasanama yaitu sebagai nama yang mempunyai jumlah sepuluh atau suatu subjek atau istilah atau benda yang mempunyai nama berjumlah sepuluh.

Contone dasanama:

  • Tanah tegese karo bantala, kisma, pratala, pratiwi, lemah.
  • Langit tegese karo wiyati, wiyat, gegana, jumantara, akasa, tawang, widhik-widhik.
  • Matahari  tegese karo baskara, bagaskara, bagaspati, pratanggakara, radhite, radhita, arka, aruna.
Baca Juga  Ana bungah, ana susah, iku wis lumrah?