menggunakan makalah untuk mempermudah berlangsungnya pameran seni rupa yaitu dengan adanya

menggunakan makalah untuk mempermudah berlangsungnya pameran seni rupa yaitu dengan adanya

a. koleksi pameran

b. aktivitas diskusi

c. materi pameran

d. proposal pameran

e. kurasi pameran

jawaban

  1. Fungsi dari pembuatan makalah pada pameran seni rupa adalah untuk mempermudah proses (E) kurasi pameran.

Kurasi pameran adalah penulisan informasi karya seni rupa dari berbagai aspek mulai dari fisik, visual, fungsi dan desain. Kurasi merupakan salah satu wujud dari kritik seni. Tujuan ditulisnya kurasi pameran adalah agar pengunjung lebih mudah memahami seluk beluk dan makna dalam karya.

Pembahasan

Syarat Menjadi Kritikus Seni

  1. Memiliki pengalaman kuat tentang mengkritik seni
  2. Memiliki wawasan lebih dalam kritik seni.
  3. Mampu menguasai cara mengkritik dengan baik dan benar
  4. Memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

Fungsi Kritik

Fungsi utama kritik seni yaitu sebagai penyambung pemikiran terhadap karya seni rupa diantara seniman, pengamat dan penikmat.

Kritik seni yang dilakukan dapat mempermudah orang lain untuk memahami maksud dan arti dari karya seni yang diciptakan seniman.

Jenis-Jenis Kritik Seni

1. Kritik Jurnalistik

Kritik jurnalistik memiliki sifat keterbukaan seperti dalam pemberitaan. Kritik ini ditulis sebagai pemberi informasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan kesenian.

Kritik jurnalistik mencantumkan ringkasan sebuah kejadian seperti pameran, pagelaran, pementasan dan pertunjukan. Nantinya kritik ini akan disebarluaskan untuk dijadikan penambah wawasan oleh orang lain.

2. Kritik Pendagogik

Kritik pendagogik digunakan dalam pembelajaran siswa. Kritik ini mengutamakan pada bakat, minat dan estetik. Kritik inilah yang umum sekali dikembangkan guru-guru kesenian dalam mengajar. Dengan kritik ini pula guru bisa mengetahui kemampuan dan minat siswa.

3. Kritik Ilmiah

Baca Juga  kebanggaan terhadap keberagaman budaya indonesia ditunjukkan dengan sikap

Kritik ilmiah merupakan kritik terhadap segala nilai seni secada menyeluruh dan detail. Kritik ilmiah memiliki sifat keterbukaan akan pendapat-pendapat baru. Kritik ini dapat terus dikembangkan dan disempurnakan seiring berjalannya waktu.

4. Kritik Populer

Kritik populer merupakan kritik yang diberikan tidak secara menyeluruh atau hanya umum saja. Kritik ini bisa diberikan oleh orang-orang pada umumnya. Kebanyakan pula yang mengkritik adalah para kritikus yang tidak profesional sehingga sulit untuk dijadikan bahan pembelajaran dan pengembangan karya seni. Jenis kritik ini juga menduduki kritik dengan peminat tertinggi dari kritik lain.