tuliskan perkembangan jiwa emosi sosial dan intelek pada masa remaja

tuliskan perkembangan jiwa emosi sosial dan intelek pada masa remaja

jawaban

1. Perkembangan Jiwa Remaja

Remaja mulai mencari identitas diri, mulai membangun karakter mereka sendiri, serta mulai memperlihatkan kemandirian. Masa remaja disebut juga sebagai masa pencarian jati diri. Masa ini merupakan masa transisi dari anak-anak yang belum tahu apa-apa menuju kedewasaan.

 

2. Perkembangan Emosi Remaja

Remaja mulai membandingkan dirinya dengan orang lain, mulai sensitif terhadap masalah sosial seperti bullying, mulai merasakan ketertarikan dengan lawan jenis, serta mulai menunjukkan gejolak emosi yang tinggi atau tidak stabil.

 

3. Perkembangan Sosial Remaja

Remaja mulai melepas ketergantungan dengan orang tua, mulai memiliki kelompok teman sebaya, mulai mencapai hubungan sosial yang lebih matang terutama dalam perbedaan sikap pergaulan kepada sesama jenis kelamin dan kepada lawan jenis.

 

4. Perkembangan Intelek Remaja

Remaja mulai mampu berpikir lebih rasional, mulai mampu menggunakan teori-teori dari ilmu yang dimiliki, mulai timbul kesadaran berpikir tentang apa yang akan ia lakukan di masa depan, mulai memahami nilai-nilai yang berlaku di lingkungannya, serta mulai memahami konsep-konsep yang absrtak.

 

Pembahasan

Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Sebagian ahli menyatakan bahwa masa remaja dimulai sejak usia 12 tahun hingga 21 tahun. Pada masa remaja ini terjadi pubertas atau baligh. Pada masa remaja ini, terjadi perubahan-perubahan fisik seperti haid bagi perempuan, muncul bulu-bulu di beberapa bagian tubuh, tumbuh jakun bagi laki-laki, dan sebagainya. Perubahan-perubahan fisik tersebut kemudian juga mempengaruhi perkembangan mental remaja.

Baca Juga  Berikut termasuk kasus yang menunjukan bahwa hukum bersifat memaksa, yaitu?