sebutkan 3 gerak senam lantai yang termasuk gerak dasar bertumpu

sebutkan 3 gerak senam lantai yang termasuk gerak dasar bertumpu

a.melayang c.headstand
b.berguling d.bergantung

2.latihan sikap mempertahankan posisi tubuh selama beberapa detik merupakan sikap gerak dasar….
a.melayang
b.mendarat
c.berguling
d.keseimbangan

3.latihan berguling ke depan Termasuk dalam gerak dasar….
a.berguling
b.berpindah
c.mendarat
d.keseimbangan

4.contoh gerak dasar tolakan adalah…
a.headstand
b.melayng
c.berguling
d.loncat kangkang

jawab

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah

  1. Headstand (c)
  2. Keseimbangan (d)
  3. Berguling (a)
  4. Loncat kangkang (d)

Pembahasan

Berikut adalah pembahasan dari soal-soal tersebut.

1. Dalam senam lantai, salah satu unsur gerakannya adalah tumpuan. Terdapat beberapa jenis gerakan dalam senam lantai yang menggunakan tumpuan untuk melakukan gerakan, baik tumpuan dengan tangan maupun dengan kaki. Salah satu gerakan tumpuan dalam senam lantai adalah headstand

2. Keseimbangan adalah sebuah kondisi seseorang yang dapat mempertahankan posisinya dalam keadaan dan posisi tertentu. Keseimbangan sangat penting dimiliki oleh manusia, karena dapat mempermudah melakukan gerakan yang sulit. Keseimbangan dalam tubuh manusia dapat dilatih dan di tingkatkan dengan melakukan beberapa gerakan sederhana.

3. Dalam senam lantai terdapat beberapa gerakan yang dilakukan dengan menggulingkan badan. Gerakan berguling dalam senam lantai terdiri dari tiga macam, yakni guling depan, guling belakang, dan guling lenting. Ketiga gerakan tersebut, termasuk dalam gerak dasar berguling.

4. Loncat kangkang merupakan salah satu gerakan dalam senam lantai yang menggunakan alat bantu. Loncat kangkang adalah gerakan melompat melewati peti lompat dengan membuka lebar kedua kaki ke kiri dan ke kanan ketika berada di udara. Dalam loncat kangkang, terdapat gerak dasar tolakan yang dilakukan untuk melakukan lompatan.