pola lantai pada tari berkelompok harus dilakukan dengan

pola lantai pada tari berkelompok harus dilakukan dengan

Pola lantai pada tari berkelompok harus dilakukan dengan​ memerhatikan jumlah penari.

 

Pembahasan

Pola lantai adalah susunan posisi penari saat dan selama menampilkan tarian. Fungsi pola lantai adalah mengatur perpindahan, pergerakan serta pergeseran posisi penari. Pola lantai dapat membenahi sebuah tarian agar lebih tersusun rapi dan dinamis. Banyaknya perpindahan serta perpaduan beragam gerakan membuat sebuah tarian menjadi lebih atraktif dan menarik untuk ditonton. .

 

Pola lantai berbentuk seperti denah pergerakan dan perpindahan posisi seorang penari dalam sebuah ruang menari. Pola lantai sebetulnya merupakan salah satu bentuk teknik blocking atau penguasaan panggung penari. Kita bisa membayangkan pola lantai sebagai ruang gerak penari.

 

Atas fungsinya yang berfokus untuk memperindah penampilan tari, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam pembuatan pola lantai. Beberapa hal tersebut termasuk

  • bentuk pola lantai
  • makna pola lantai
  • ruang atau tempat pertunjukan
  • gerak tari
  • jumlah penari

 

Jenis Tari Berdasarkan Jumlah Penari

Penggelompokan tari berdasarkan jumlah penarinya adalah sebagai berikut.

  • Tari tunggal

Tari ini ditampilkan oleh satu orang penari. Peran dari para penari jenis ini adalah menyampaikan karakter seseorang atau makhluk hidup lain, misalnya binatang.

  • Tari berpasangan

Tari berpasangan diperagakan sepasang penari. Dengan begitu, terdapat dua penari dalam jenis tarian ini. Dalam tari berpasangan, masing-masing penari berperan saling mengisi dan membalas gerakan dari pasangannya. Tari berpasangan sering dipakai untuk menggambarkan hubungan antarsesama.

  • Tari berkelompok

Dalam tari berkelompok, gerakan tari ditampilkan oleh tiga penari atau lebih. Gerakan penari satu dan yang lainnya dirancang agar saling mendukung. Apalagi dengan pola lantai yang dipersiapkan matang, pertunjukan tari akan berlangsung sukses dan menimbulkan kesan yang menakjubkan. Setiap gerakannya terasa pas dengan respons yang sesuai.

Baca Juga  lemparan samping disebut juga

 

Desain Pola Lantai

Penampilan gerak tari berdasarkan pola lantai memuat desain-desain tertentu. Desain pola lantai dirancang berupa garis-garis. Berikut ini adalah jenis-jenis garis dalam pola lantai.

  • Garis lurus

Garis lurus memuat pola vertikal dan memanjang. Pada desain ini, lebih dari satu penari umumnya dibutuhkan untuk melakukan formasi lurus. Kesan sederhana dan kuat dapat tercipta dari penerapan garis ini. Garis lurus umumnya dipergunakan untuk menyimbolkan hubungan antarmanusia.

  • Garis melingkar atau melengkung

Garis jenis ini merujuk pada garis lingkaran, angka delapan, huruf U, dan lengkung ular. Terdapat kesan lembut dalam garis ini berkat kelenturan garisnya. Contoh penerapan garis melengkung dapat dilihat dalam formasi tari Kecak Bali berupa lingkaran.