persatuan renang seluruh indonesia didirikan pada

persatuan renang seluruh indonesia didirikan pada

Jawaban:

Persatuan Renang Seluruh Indonesia disingkat PRSI adalah organisasi yang mengatur kegiatan olahraga renang di Indonesia. PRSI berdiri pada tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta dengan ketua umum pertamanya adalah Prof. dr. Poerwo Soedarmo.

Sebelum kemerdekaan, di negara Indonesia telah ada beberapa kolom renang yang indah dan baik tapi hanya diperuntukkan bagi para bangsawan dan penjajah saja. Salah satunya adalah kolam renang Cihampelas di Bandung yang didirikan pada tahun 1904. Pertama-tama berdiri perserikatan berenang diberi nama Bandungse Zwembond atau Perserikatan Berenang Bandung, didirikan pada tahun 1917, perserikatan ini membawahi 7 perkumpulan yang di antaranya adalah perkumpulan renang di lingkungan sekolah seperti halnya OSVIA, MULO dan KWEEKSCHOOL.

 

Pada tahun yang sama juga berdiri perkumpulan-perkumpulan berenang di Jakarta dan Surabaya. Tahun 1918 berdiri West Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa barat dan pada tahun 1927 berdiri pula Oost Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa Timur yang beranggotakan kota-kota seperti: Malang, Surabaya, Pasuruan, Blitar dan Lumajang. Sejak saat itu pula mulai diadakan pertandingan maupun antar daerah.

Baca Juga  Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu?