Sebutkan ketentuan seorang penyembelih

Sebutkan ketentuan seorang penyembelih

 

Sebutkan ketentuan seorang penyembelih

1. Haruslah beragama islam atau ahli kitab  

2. Baligh atau sudah dewasa. Karena anak anak tidak diperbolehkan memotong hewam qurban

3. Berakal sehat, karena tidak sah bila sipenyembelih sedang sakit jiwanya

4. Tidak dalam waktu haji atau umrah

5. Membaca bismillah, seperti dalam  Firman Allah subhanahu wa ta’ala: “Maka makanlah hewan (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayatnya,” (Surah al-An’aam, ayat 118).

 

Pembahasan

haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati ya

Qurban menurut bahasa memilik arti dekat atau mendekatkan, qurban juga berarti mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan cara menyembelih hewan. Qurban juga dikenal dengan istilah al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang artinya menyembelih hewan. Beberapa hewan yang dapat diqurbankan berikut ini ya; unta, sapi, kerbau, kambing dan domba. Kalo ayam sama bebek gak termasuk yaa. Untuk harinya, qurban baiknya dilakukan pada hari tasyrik atau pada hari raya idul adha.

Setelah kita tau arti dari qurban dan kapan saja boleh kita untuk berqurban, sekarang kita akan cari tau syarat apa aja bagi seorang penyembelih hewan qurban. Berikut ini ringkasannya ya;

1. Beragama islam atau ahli kitab

2. Baligh atau sudah dewasa. Karena anak anak tidak diperbolehkan memotong hewam qurban

3. Berakal sehat, karena tidak sah bila sipenyembelih sedang sakit jiwanya

Baca Juga  Siapakah anak Nabi Harun, a.s yang merupakan keturunan ke empat tersebut?

4. Tidak dalam waktu haji atau umrah

5. Membaca bismillah, seperti dalam  Firman Allah subhanahu wa ta’ala: “Maka makanlah hewan (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayatnya,” (Surah al-An’aam, ayat 118).

Nah sekarang siapa yang udah siap buat nyembelih hewan qurbannya sendiri?

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa!