perbedaan teks eksplanasi dengan teks lain terletak pada

perbedaan teks eksplanasi dengan teks lain terletak pada

 

Perbedaan teks eksplanasi dengan teks lain terletak padaA. Menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa
B. Mempunyai struktur yang semuanya beda
C. Setidaknya ada proses yang jelas
D. Banyaknya proses dan kata
E. Membantu seseorang menemukan proses

 

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu dengan menggunakan urutan waktu atau secara kronologis. Struktur teks eksplanasi adalah pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.

Pembahasan

Perbedaan teks eksplanasi dengan teks lain terletak pada …

a. menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.

Teks eksplanasi memang berhubungan dengan proses terjadinya sesuatu, tetapi yang berhubungan dengan fenomena. Teks eksplanasi disusun untuk menjawab pertanyaan bagaimana sesuatu terjadi dan mengapa sesuatu itu terjadi. Hubungan kausalitas inilah yang menyusun teks eksplanasi.

Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence) pada struktur teks eksplanasi, memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.

Pada pilihan jawaban:

Semua teks mempunyai struktur yang semuanya beda. Bila ada kesamaan pun biasanya pada paragraf awal yang berupa pernyataan umum atau tesis.

Teks yang setidaknya ada proses yang jelas tidak hanya pada teks eksplanasi saja, tetapi juga pada teks prosedur. Harus dilengkapi dengan proses yang jelas. Sedangkan banyaknya proses dan kata, tidak harus terdapat pada teks eksplanasi maupun teks prosedur karena dapat menimbulkan pemahaman yang berbeda.

Untuk membantu seseorang menemukan proses bukanlah tujuan dari teks eksplanasi. Karena tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi.