yang bukan prinsip menggambar bentuk dibawah ini adalah

yang bukan prinsip menggambar bentuk dibawah ini adalah

 

Yang bukan prinsip menggambar bentuk di bawah ini adalah ….​A. komposisi
B. proporsi
C. perspektif
D. keindahan

Yang bukan prinsip menggambar bentuk adalah keindahan (opsi D).

 

Pembahasan

Gambar Bentuk

Gambar bentuk juga sering disebut sebagai gambar model. Gambar bentuk/gambar model adalah aktivitas menggambar yang mana membutuhkan objek yang mirip seperti aslinya lalu dituangkan dalam bentuk gambar. Objek model dibutuhkan dalam gambar model sebagai sumber inspirasi gambar. Objek model diamati secara langsung sehingga dapat diketahui bidang gambar dan struktur bentuknya. Usahakan pandangan mata dapat menjangkau objek yang hendak digambar agar tiap detail yang ada dapat tergambar dengan baik.

 

Prinsip Gambar Bentuk

Dalam gambar bentuk terdapat beberapa prinsip, di antaranya yaitu:

  • Komposisi

Komposisi (opsi A) adalah penyusunan dan pengaturan objek gambar supaya terlihat menarik. Komposisi dapat terbentuk dari objek gambar, warna, jenis objek, dan latar belakang gambarnya. Komposisi sendiri ada tiga jenis yaitu:

  • Komposisi simetris : letak objek gambar seimbang pada sebelah kanan dan kiri sehingga terlihat seimbang baik dalam bentuk atau ukuran.
  • Komposisi asimetris : letak objek gambar tidak diletakkan seimbang baik dari segi ukuran ataupun bentuk, namun tetap menghasilkan proporsi dan kesatuan.
  • Komposisi netral : objek gambar diletakkan di tengah bidang gambar dan diatur sesuai proporsi bentuk, keseimbangan, dan kesatuan antar objeknya.

 

  • Proporsi

Proporsi (opsi B) adalah perbandingan yang ideal serta harmonis antara benda yang menjadi objek gambar dengan yang diamati pembuat gambar. Jika proporsi objeknya tepat, maka hasil gambarnya akan terlihat wajar.

Baca Juga  tujuan dari teknik tutup celup dalam membatik adalah

 

  • Perspektif

Yang dimaksud dalam perspektif (opsi C) di sini adalah melihat sudut pandang objek pada saat menggambar. Ada beberapa jenis perspektif dalam menggambar, yaitu:

  • Satu titik hilang: menempatkan satu titik hilang di satu sisi media gambar sehingga gambar terlihat besar di depan dan mengecil ke arah satu titik.
  • Dua titik hilang: mirip dengan satu titik hilang, namun kali ini ada dua titik yang diletakkan di kanan dan di kiri.
  • Tiga titik hilang: objek gambar tampak dari atas seperti gambar pada CCTV yang diletakkan di atas bangunan. Dimensi objek akan lebih luas.