Pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah…

Pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah…

A.oogenesis dimulai sejak bayi dilahirkan
B.ketika bayi perempuan lahir proses pembentukan sel telur sampai pada fase pembentukan oosit primer
B.badan polar merupakan hasil pembelahan oosit sekunder secara meiosis
C.hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar

Berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaan untuk mengetahui pernyataan yang benar mengenai oogenesis:

  • Menjelaskan pengertian dari oogenesis
  • Menjelaskan proses oogenenis
  • Menganalisis pernyataan yang salah mengenai oogenesis
  • Menyimpulkan pernyataan yang benar mengenai oogenesis
Pnejelasan Soal

Oogenesis merupakan proses pembentukan sel kelamin perempuan yaitu sel telur. Prosesnya terjadi di dalam organ yang disebut ovarium. Oogenesis dimulai sebelum anak perempuan lahir. Anak perempuan saat baru lahir sudah memiliki bakal sel ovum (sel primordial) sebanyak 200.000 hingga 2.000.000. Hanya sekitar 40.000 yang tersisa saat anak perempuan masuk masa pubertas dan hanya 400 yang akan matang atau berkembang sempurna. Satu sel telur yang matang diovulasikan (dikeluarkan dari ovarium) selama siklus reproduksi (siklus menstruasi) perempuan.

Di dalam ovarium terdapat folikel yang berukuran kecil dengan calon bakal sel telur di dalamnya (folikel primordial). Folikel dan bakal sel telur tersebut berkembang semakin besar menjadi folikel primer, kemudian berkembang menjadi folikel sekunder, dan pada akhirnya menjadi folikel matang. Selama folikel berkembang, sel primordial akan membelah secara mitosis membentuk oogonium atau sel induk telur yang bersifat diploid (2n). Oogonium kemudian akan mengalami pembelahan mitosis membentuk oosit primer yang bersifat diploid (2n). Oosit primer kemudian mengalami pembelahan meiosis tahap I (meiosis I) membentuk satu oosit sekunder (n) dan satu polosit (n). Polosit (n) kemudian mengalami pembelahan meiosis tahap II (meiosis II) menghasilkan dua polosit (n). Oosit sekunder selanjutnya juga mengalami pembelahan meiosis tahap II (meiosis II) membentuk satu ootid (n) dan satu polosit (n). Ootid kemudian mengalami diferensiasi membentuk ovum. Pada akhir peristiwa oogenesis, dari satu sel induk telur (oogonium) akan dihasilkan satu sel telur (ovum) yang bersifat haploid (n) dan tiga polosit (badan polar) yang bersifat haploid (n). Namun, yang dapat berfungsi hanya satu sel telur (ovum).

Baca Juga  Nilai-nilai nasionalisme dalam Pancasila, merupakan perwujudan dari sila ke?

Berdasarkan pilihan jawaban yang telah disediakan, pilihan jawaban a salah karena oogenesis dimulai sebelum anak perempuan lahir sehingga anak perempuan saat baru lahir sudah memiliki bakal sel ovum. Pilihan jawaban b salah karena pada saat anak perempuan masih dalam kandungan terjadi pembelahan mitosis oogonium menjadi oosit primer. Jawaban c salah karena badan polar dihasilkan dari pembelahan meiosis I oosit primer dan pembelahan meiosis II oosit skunder. Jawaban d benar karena hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar.

Jawaban Akhir dan Kesimpulan
Berdasarkan langkah-langkah pengerjaan diperoleh kesimpulan bahwa pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar. Jawaban D