Komputer pertama ditemukan pada tahun

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Komputer pertama ditemukan pada tahun

Kelas           : VII (1 SMP)
Pelajaran     : TI
Kategori      : Sejarah Perkembangan TIK
Kata Kunci  : Komputer, ENIAC, Mauchly, Atanasoff

Sebagian besar orang (termasuk ilmuan) di dunia mengakui bahwa komputer pertama kali diciptakan pada tahun 1946 dan dinamai dengan ELECTRONIK NUMERICAL INTEGRATOR AND COMPUTER atau ENIAC. 

Meski begitu, dalam sudut pandang hukum, komputer justru diciptakan pertama kali di tahun 1942 oleh John Vincent Atanasoff dan Clifford Berry. 

Bahkan Hakim US Federal bernama Earl R Larson memutuskan pada tahun 1973 bahwa paten ENIAC tidak sah di mata hukum dan menetapkan Atanasoff sebagai yang paling berhak atas paten komputer. 

Ciptaan Atanasoff sendiri dikenal dengan nama ABC atau Atanasoff-Berry Computer.

Sementara itu, yang diakui sebagai penggagas mesin yang diaggap sebagai cikal bakal atau ‘nenek moyang’ komputer adalah Charles Babbage.

Mesin tersebut dikenal dengan nama Difference Engine dan diciptakan pada tahun 1821. Selanjutnya, mesin tersebut kemudian memiliki fungsi yang lebih kompleks pada tahun 1856 dan diberi nama Analytical Engine. 

Analytical Engine ini lah yang dianggap sebagai cikal bakal komputer di masa depan. Dan oleh karena jasanya tersebut, maka Charles Babbage sering dijuluki Bapak Komputer meskipun pada faktanya yang ia ciptakan hanyalah mesin rintisan.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Komputer pertama ditemukan pada tahun Semoga Membantu.

Baca Juga  Wilayah pertanian utama mesir berada di sekitar