Manfaat beriman kepada qada dan qadar

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Manfaat beriman kepada qada dan qadar

manfaat beriman kepada qada dan qadar adalah menjadikan Yakin dengan sepenuh hati bahwa segala hal yang telah , sedang dan akan terjadi pada diri kita ini adalah kehendak dari ALLAH

PEMBAHASAN

Adik-adik yang sholeh dan sholehah, iman adalah meyakini,  maksudnya adalah orang yang beriman membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan apa-apa yang ia yakini kebenarannya.

Iman kepada qada’ dan qadar yaitu meyakini dengan sebenar-benarnya yakin bahwa takdir baik dan takdir buruk itu ada, dan ALLAHlah maha berbuat dan maha perencana.

Seorang muslim dalam Menyikapi qodo dan qodar atau takdir ALLAH yaitu dengan meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala hal yang telah , sedang dan akan terjadi pada diri kita ini adalah kehendak dari ALLAH , dan dalam menyikapi takdir itu kita harus menerimanya dengan ikhtiar dan tawakal. Ikhtiar berarti berusaha untuk merubah keadaan atau mencapai keadaan yang kita inginkan dengan berusaha sebaik mungkin mewujudkannya. Kemudian tawakal yaitu menyerahkan segala hasil ikhtiar yang kita lakukan kepada ALLAh dan ikhlas menerima segala keputusan ALLAH untuk kita.

Seorang muslim dalam Menyikapi qodo dan qodar atau takdir ALLAH yaitu dengan meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala hal yang telah , sedang dan akan terjadi pada diri kita ini adalah kehendak dari ALLAH , dan dalam menyikapi takdir itu kita harus menerimanya dengan ikhtiar dan tawakal.

manfaat beriman kepada qodo dan qodar atau takdir ALLAH adalah :

1.menjadikan yakin dengan sepenuh hati bahwa segala hal yang telah , sedang dan akan terjadi pada diri kita ini adalah kehendak dari ALLAH ,

Baca Juga  Free trade area seperti mea masyarakat ekonomi asean dimaksudkan untuk

2.mudah menerima dengan ikhtiar dan tawakal keputusan ALLAH. Ikhtiar berarti berusaha untuk merubah keadaan atau mencapai keadaan yang kita inginkan dengan berusaha sebaik mungkin mewujudkannya. Kemudian tawakal yaitu menyerahkan segala hasil ikhtiar yang kita lakukan kepada ALLAH dan ikhlas menerima segala keputusan ALLAH untuk kita.

3.muncul sifat Qonaah, yaitu menerima apa-apa yang ALLAh berikan kepdanya baik buruk ataupun baik

4.menjadikian diri pandai mensyukuri nikmat ALLAH

5.muncul dalam diri sikap bersabar menghadapi ujian ALLAH

6.menjadikan rendah hati dan merasa tidak mampu apa-apa tanpa ijin ALLAH

7.Menempatkan dirinya diantara harap dan takut kepada ALLAH

8.Berprasangka baik kepada ALLAH atas apa saja yang menimpanya

PELAJARI LEBIH LANJUT

Jadikan yang terbaik ya !

DETAIL JAWABAN

Kelas : VI

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 7 – Iman Kepada Qadha dan Qodar

Kode : 6.14.7

Kata Kunci : ciri iman kepada qodo dan qodar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Manfaat beriman kepada qada dan qadar Semoga Membantu.