Jelaskan dan berikan contoh terkait dengan ancaman di bidang militer

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan dan berikan contoh terkait dengan ancaman di bidang militer

Contoh Ancaman Militer

 

1. Agresi

Contohnya :
Agresi militer Belanda II, agresi ini terjadi pada tanggal 19 Desember 1948 dan terjad di kota Yogyakarta (Yogyakarta saat itu masih ibu kota Indonesia).

2. Pelanggaran wilayah

Contohnya :
Pelanggaran wilayah yang dilakukan Malaysia terhadap Indonesia yang berlokasi di Ambalat yaitu terletak di laut Sulawesi yang terjadi pada tanggal 24 dan 25 Februari 2007.

3. Spionase

Contohnya :
Badan spionase asing telah menjadi dalang serangan cyber terhadap sistem komputer militer Amerika Serikat pada tahun 2008. Serangan tersebut terjadi setelah flash-disk bervirus disambungkan dengan komputer militer di markas Timur Tengah.

4. Sabotase

Contohnya :
Militer Angkatan Udara Amerika Serikat menggunakan alat pengacak sinyal dari darat yang ditujukan pada pesawat Sukhoi yang sedang menjalani masa percobaan di Indonesia. Itu yang menyebabkan pesawat Sukhoi menabrak tebing dan peristiwa itu terjadi pada tanggal 9 Mei 2012.

5. Aksi teror bersenjata

Contohnya :
Kekerasan bersenjata terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam. Minggu malam, 4 Desember 2011, sejumlah pekerja perkebunan di Krueng Jawa, pedalaman Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, yang sedang asyik menonton televisi tiba-tiba diberondong tembakan oleh orang tidak dikenal.

6. Pemberontakan bersenjata

Contohnya :
Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil di Bandung pada 23 Januari 1950.

7. Perang saudara

Contohnya :
Perang saudara di Ambon yang terjadi di kota Poso, Palu dan Palopo pada tanggal 19 Januari 1999 . Peristiwa ini terjadi karena hal sepele yaitu saat supir taxi (orang nasrani) bertengkar dengan orang Islam ambon.

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan dan berikan contoh terkait dengan ancaman di bidang militer Semoga Membantu.