Jelaskan hubungan sila sila dalam pancasila

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan hubungan sila sila dalam pancasila

Hubungan Sila – Sila dalam Pancasila

  1. Sila Pertama, Mengandung nilai Ketuhanan dimana setiap orang memiliki pedoman untuk setiap kegiatan sehari-hari, bermasyarakat ataupun berbangsa dan bernegara harus berdasarkan asas Ketuhanan Yang Maha Esa yang berkemanusiaan, memiliki persatuan dan kedamaian, kebijaksanaan dalam bermusyawarah, dan keadilan bersama sehingga berhubungan dengan sila ke-2, ke-3, ke-4, dan ke-5.
  2. Sila Kedua, Mengandung nilai kemanusiaan memiliki perbuatan baik dan keberadaban yang pastinya akan berpedoman pada asas ketuhanan yang dianut setiap orang, asas kemanusiaan dengan menghormati pendapat orang lain dan saling tolong menolong untuk menjaga kesatuan sehingga berhubungan dengan sila ke-1, ke-3, ke-4, dan ke-5.
  3. Sila Ketiga, Mengandung nilai persatuan, persatuan yang dimiliki bangsa Indonesia berdiri atas asas ketuhanan dan kemanusiaan yang meyakini adanya tuhan dan memiliki perilaku kemanusiaan yang saling membantu menerapkan nilai-nilai demokrasi untuk kesejahteraan bersama, sehingga berhubungan dengan sila ke-1, ke-2, ke-4, dan ke-5.
  4. Sila Keempat, Mengandung nilai kebijaksanaan, dalam mengambil suatu keputusan dalam musyawarah dengan religius, memiliki sikap kemanusiaan dan menghargai perbedaan pendapat, serta mementingkan kepentingan bersama, yang berhubungan dengan sila ke-1, ke-2, ke-3 dan ke-5.
  5. Sila Kelima, Mengandung nilai keadilan, dimana ingin terciptanya suatu keadilan yang disertai asas ketuhana yang berkemanusiaan dan berprilaku beradab, menginginkan persatuan bersama dari hasil kebijaksanaan yang demokratis, sehingga berhubungan dengan sila ke-1, ke-2, ke-3, dan ke-4

Pembahasan :

Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Baca Juga  Yang merupakan contoh dari simbiosis komensalisme adalah

Pancasila

  • Merupakan rumusan dan pedoman hidup bangsa indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai sumber tertib hukum dan sumber dari segala sumber hukum.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Mapel : PPKn

Kelas : 8 (VIII) SMP

Materi : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kode Kategorisasi : 8.9.1

Kata kunci : Pancasila, Pengamalan Sila Pancasila.

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan hubungan sila sila dalam pancasila Semoga Membantu.