Sebutkan unsur unsur pendukung tari

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan unsur unsur pendukung tari

\nKelas : X (SMA)
Mata Pelajaran : Seni Tari (19.2)
Kategori : Bab 9 – Teknik, Prosedur, dan Unsur Pendukung Pagelaran Seni Tari
Kata Kunci : Seni Tari, Tari Tradisional, Unsur Pendukung Seni Tari, Art

Kode : 10.19.2.9  [Bab 9 – Teknik, Prosedur, dan Unsur Pendukung Pagelaran Seni Tari]


Berikut adalah unsur-unsur pendukung tari :

1.    Gerak

Hubungan antara gerak dengan ruang dalam tari adalah ruang merupakan unsur pokok yang menentukan hasil gerakan pada tarian. Gerakan pada tari tidak akan terjadi kalau tidak ada ruangan untuk bergerak. Gerak dapat dibedakan menjadi: 

– Gerak imitatif merupakan gerakan tari yang menirukan gerak dari alam.- Gerak imajinatif merupakan gerakan yang dihasilkan dari imajinasi atau rekayasa manusia.

– Gerak maknawi merupakan gerakan tari yang penuh arti.

– Gerak murni merupakan gerakan tari yang tidak mengandung arti, namun memliki nilai keindahan atau estetika.

2.    Properti
Properti adalah semua peralatan yang digunakan untuk mendukung terciptanya keindahan dalam pementasan tari. Dalam properti tari terdapat banyak ragam, bentuk, dan jenisnya. Contoh properti dalam tari adalah selendang (sampur), kipas, rebana, payung, tongkat,
keris, cundrik, pedang, mandau, tombak, gendang, piring, panah, dan lain sebagainya.

3.    Iringan
Keterkaitan antara iringan musik dengan gerak tari merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan karena iringan musik sangat berperan penting dalam suatu tarian. Iringan musik dapat mempermudah penari untuk mengatur pola gerak, menghitung ritme, ketukan dan lain sebagainya sehingga keharmonisan dapat tercapai. 
Kriteria iringan atau musik pengiring dapat dikatan dinamis apabila dapat memenuhi fungsinya. Fungsi musik dalam tarian adalah sebagai berikut :

– Sebagai pengiring tarian.
– Sebagai patokan hitungan gerakan tari.
– Sebagai penambah suasana dan membantu penyampaian pesan yang terkandung dalam tarian.

Musik iringan tari dapat diciptakan melalui berbagai jenis iringan di bawah ini :

– Iringan Eksternal
Iringan eksternal adalah iringan yang berasal dari luar penarinya. Iringan merupakan pedoman atau patokan penari dalam melakukan tarian agar penarinya bergerak sesuai ritme. Contohnya adalah permainan instrumen musik dan nyanyian penyanyinya yang menjadi pengiring tarian.

Baca Juga  Apa saja mukjizat nabi musa alaihissalam jelaskan

– Iringan Internal
Iringan internal adalah iringan yang berasal dari dalam penarinya sendiri. Contohnya penari Kecak mengeluarkan suara sebagai iringannya dengan pola, ritme, dan tempo yang sudah diatur.

– Iringan Kontras
Iringan kontras adalah iringan yang dihasilkan dari gerakan. Contohnya gerakan cepat atau dipadu dengan iringan musik yang kencang dan gerakan lambat atau lemah dipadu dengan iringan musik yang kecil dan mengalun.

– Iringan Harmoni
Iringan harmoni adalah iringan dengan menggunakan ekspersi dan ilustrasi musik yang mendukung suasana. Contohnya penari menunjukan ekspresi sedih pada saat tarian bertema berkabung, alunan musik riang untuk menggambarkan kebahagiaan.

4     Tata Busana/Kostum
Keberadaan kostum dalam sebuah pertunjukan merupakan unsur yang dapat mendukung tema atau isi tari dan untuk memperjelas maksud dan tujuan pesan yang akan disampaikan.Setiap rancangan busana biasanya berbeda dalam setiap penyajiannya, tergantung dari tema dan konsep tariannya. Contoh yang termasuk busana dalam tari adalah baju, celana, kain, ikat kepala, mahkota, dan Iain sebagainya.

5    Tata Pentas/Panggung
Unsur pendukung lainnya adalah tata pentas yang berfungsi sebagai penambah nilai artistik yang sekaligus dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan tema tarian. Pentas terbagi dua yaitu pentas terbuka dan pentas tertutup.

That’s all from me. Vote for the brainliest answer 😉
Cheers!
\n

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan unsur unsur pendukung tari Semoga Membantu.