Fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi adalah

Peristiwa alam yang disebabkan oleh revolusi bumi adalah:

  1. Pergantian Musim
  2. Perubahan lama siang dan malam
  3. Pergantian rasi bintang

Pembahasan:

Bumi memiliki dua pergerakan utama, yaitu rotasi dan revolusi.

Rotasi adalah pergerakan Bumi pada sumbunya, yang memerlukan waktu (periode) sekitar 24 jam, dan menyebabkan feomena siang dan malam.

Revolusi adalah pergerakan Bumi pada orbit yang mengelilingi Matahari, yang memerlukan waktu sekitar 365,25 hari (satu tahun).  

Dampak revolusi Bumi ini adalah:

1. Pergantian Musim

Revolusi Bumi di sekitar Matahari dan kemiringan poros rotasinya menghasilkan musim. Pada saat Bumi mengelilingi Matahari, kemiringan sumbu Bumi akan menyebabkan gerak semu Matahari.  

Pada saat belahan Bumi utara mengalami pergerakan di mana kemiringan ini mendekati Matahari, maka Matahari seolah bergerak berada di belahan Bumi utara (sekitar bulan Juni), dan menyebabkan Musim Panas. Sebaliknya, saat kemiringan menyebabkan Matahari seolah bergerak berada di belahan Bumi selatan (sekitar bulan Desember), maka di belahan Bumi utara akan terjadi musim dingin.

2. Perubahan lama siang dan malam

Pergerakan semu Matahari juga menyebabkan perubahan lama siang dan malam. Pada belahan bumi yang menghadap langsung Matahari, akan terjadi waktu siang lebih lama.

Misalnya sekitar bulan Juni saat Matahari seolah bergerak berada di belahan Bumi utara, maka wilayah di daerah ini seperti benua Eropa akan mengalami siang sangat lama. Contohnya kota Paris akan mengalami waktu siang hari hingga 15 jam.

Sebaliknya, belahan bumi yang berjauhan dari Matahari, akan terjadi waktu malam lebih lama.

3. Pergantian rasi bintang

Baca Juga  Kapal layar tradisional asal indonesia tts

Terjadi rasi bintang yang berbeda setiap bulan akibat gerak Revolusi Bumi, sehingga pada bulan yang berbeda, Bumi juga menghadap bintang-bintang di bagian langit berbeda.

Misalnya rasi bintang Capricorn (kambing) akan nampak pada 22 Desember – 19 Januari setiap tahunnya.

——————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 8.4.11

Kelas: VIII  

Mata Pelajaran: Biologi      

Materi: Bab 11 – Gerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi adalah Semoga Membantu.