Ketelitian pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup berturut turut adalah

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Ketelitian pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup berturut turut adalah

Ketelitian pengukuran dari jangka sorong adalah 0,005 cm atau setara dengan 0,05 mm dan ketelitian dari mikrometer sekrup adalah 0,005 mm.

Pembahasan :

Panjang adalah salah satu dari jenis besaran pokok yang mana adalah suatu besaran yang nilainya dapat berdiri sendiri. Satuan panjang ini mencakup apapun yang menghubungkan antar dua titik, baik satuan panjang, lebar, tinggi, ataupun jarak antar dua benda merupakan dimensi dari panjang [L]. Adapun satuan panjang dapat diukur dengan menggunakan alat ukur panjang sebagai berikut :

Meteran

Meteran adalah suatu alat pengukur panjang dengan satuan utama m. Meteran ini digunakan untuk menyatakan suatu benda dengan jarak yang cukup dekat. Meteran memiliki skala terkecil hingga 0,5 cm. Maka ketelitiannya adalah sebesar 0,25 cm.

Penggaris

Penggaris adalah suatu alat ukur panjang dengan satuan utama yaitu m, walaupun ada beberapa jenis penggaris hingga ukuran 1 m. Penggaris ini memiliki skala terkecil yaitu 0,1 cm (1 mm). Sehingga ketelitiannya adalah sebesar 0,05 cm (0,5 mm).

Jangka Sorong

Jangka sorong adalah suatu alat ukur panjang untuk mengukur panjang dari suatu benda. Benda yang dapat diukur dengan jangka sorong memiliki panjang maksimal yaitu 30 cm. Adapun skala terkecil dari jangka sorong adalah sebesar 0,01 cm (0,1 mm). Sehingga ketelitiannya adalah sebesar 0,005 cm (0,05 mm).

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah suatu alat ukur panjang yang memiliki ketelitian tertinggi diantara semua jenis alat ukur hingga saat ini. Mikrometer sekrup ni biasanya digunakan unutk mengukur ketebalan benda yang memiliki ukuran tipis. Batas maksimum dari mikrometer sekrup adalah 5 cm dan skala terkecil adalah 0,01 mm. Maka, ketelitiannya adalah sebesar 0,005 mm.

Baca Juga  Posisi badan saat menendang bola jarak jauh adalah

Detail Soal

Kelas : 7 & 10

Mata Pelajaran : Fisika

Materi : Bab 1 – Besaran, Satuan, dan Pengukuran

Kata Kunci : Satuan panjang; Alat Ukur Panjang

Kode Kategorisasi : 7.6.1 dan 10.6.1

Pelajari Lebih Lanjut :

#OptiTeamCompetition

#TingkatkanPrestasimu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Ketelitian pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup berturut turut adalah Semoga Membantu.