Apa fungsi jaring jaring makanan di dalam sebuah ekosistem

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Apa fungsi jaring jaring makanan di dalam sebuah ekosistem

Fungsi jaring – jaring makanan di dalam sebuah ekosistem adalah Menggambarkan interkasi langsung antar spesies,sehingga hubungan antar spesies dapat di bedakan mana yang termasuk dalam spesies basal,spesies peralihan,serta spesies predator puncak.

Pembahasan

Ekosistem adalah suatu komunitas organisme makhluk hidup yang terdiri dari komponen hidup dan komponen tak hidup dari lingkungan mereka, yang berinteraksi satu sama lain secara timbal balik, sebagai suatu sistem.  

Didalam ekosistem terdapat suatu interaksi atau yang biasa di sebut simbiosis.

Macam – Macam simbiosis :

1) Simbiosis Mutualisme adalah hubungan dua makhluq hidup dimana antara satu dengan lainnya saling menguntungkan, contohnya kupu-kupu dengan bunga, kupu-kupu untung mendapat nektar dari bunga, dan bunga juga beruntung dibantu penyerbukannya oleh kupu-kupu.

2) Simbiosis Komensalisme adalah hubungan dua makhluq hidup dimana satu mendapat untung sementara yang lainnya tidak mendapat untung namun juga tidak dirugikan, contohnya bunga anggrek dengan inangnya , bunga anggrek dapat untung, dapat tempat hidup sehingga bisa mendapat sinar matahari, sedangkan pohon inang yang ditumpanginya tidak dirugikan dan juga tidak mendapat untung.

3) Simbiosis Parasitisme adalah hubungan dua makhluq hidup dimana yang satu mendapat untung sedangkan yang lainnya dirugikan, contohnya benalu yang menempel pada pohon inang, benalu mendapat untung karena mendapat makanan dari pohon inang, sedangkan pohon inang dirugikan karena makanan yang disimpannya dimakan oleh benalu

4) Simbiosis Alelopati adalah hubungan dua makhluq hidup dimana yang satu berusaha menghambat pertumbuhan pohon disekitarnya sehingga lama-kelamaan pohon itu mati, contohnya alang-alang dengan pohon disekitarnya , alang-alang berusaha menghambat pertumbuhan pohon disekitarnya dengan cara  mensekresikan senyawa fenol, asam valinik, dan karbolik.

Baca Juga  Bahasa inggris nya selamat sore

Pelajari Lebih Lanjut

=======================

Detail Jawaban

Kelas : 6 SD

Mapel : IPA

Kategori ; Biologi, Hubungan Antar Makhluk Hidup

Kode: 6.4.3

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa fungsi jaring jaring makanan di dalam sebuah ekosistem Semoga Membantu.