Pada termodinamika, gas ideal mengalami proses isotermik jika?

Pada termodinamika, gas ideal mengalami proses isotermik jika?

  1. Perubahan keadaan gas suhunya selalu tetap
  2. Semua molekul bergerak dengan kecepatan berbeda
  3. Semua keadaan gas suhunya selalu berubah
  4. Pada suhu tinggi kecepatan molekulnya lebih tinggi
  5. Tekanan dan volume gas tidak mengalami perubahan

Jawaban yang benar adalah: A. Perubahan keadaan gas suhunya selalu tetap.

Dilansir dari Ensiklopedia, pada termodinamika, gas ideal mengalami proses isotermik jika Perubahan keadaan gas suhunya selalu tetap.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Perubahan keadaan gas suhunya selalu tetap adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban B. Semua molekul bergerak dengan kecepatan berbeda adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban C. Semua keadaan gas suhunya selalu berubah adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Pada suhu tinggi kecepatan molekulnya lebih tinggi adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Tekanan dan volume gas tidak mengalami perubahan adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah A. Perubahan keadaan gas suhunya selalu tetap.

Baca Juga  Beruang kutub dapat melindungi diri dari cuaca dingin karena mempunyai?