Iklim matahari memiliki penggolongan sebagai berikut

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Iklim matahari memiliki penggolongan sebagai berikut

Macam-macam iklim matahari adalah sebagai berikut :

  1. Iklim Tropis
  2. Iklim Sub Tropis
  3. Iklim Sedang
  4. Iklim Dingin/Kutub

Pembahasan

Halo, BrainlyLovers!

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah kajian dari pelajaran geografi dengan tema iklim matahari yang ada di Bumi.

Iklim matahari adalah sebuah iklim dimana didasari dari berapa lama intensitas dan juga banyak sedikitnya dari sinar matahari yang diterima pada bagian permukaan bumi. Rotasi bumi yang sedikit miring menyebabkan sinar matahari pada proses revolusi bumi menjadikan munculnya perbedaan panas dan perubahan musim dalam setahun.

Bumi yang bulat ini akan menyebabkan intensitas sinar matahari yang diterima juga berbeda seperti perbedaan antara di daerah lintang 0 derajat dengan lintang 90 derajat akan berbeda. Atas perbedaan ini maka dibuatlah pembagian iklim berdasarkan iklim matahari yaitu menjadi 4 bagian :

  1. Iklim tropis, yaitu iklim iklim yang berada di sekitar khatulistiwa dengan garis lintang antara 23,5 derajat LU – 23,5 derajat LS. Pada wilayah ini penyinaran matahari ada terus sepanjang tahun. Wilayah ini musim terbagi menjadi dua yaitu musim penghujan dan musim kemarau.
  2. Iklim sub tropis, yaitu daerah iklim yang terletak pada 23,5 derajat LU – 35 derajat LU, dan 23,5 derajat LS – 35 derajat LS. Pada daerah ini sinar matahari akan terasa sangat panas saat matahari tepat berada di titik lintang ini. Namun musim dinginnya tidak terlalu terasa atau hanya sejuk saja. Pada daerah ini terdapat 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur dang musim dingin.
  3. Iklim sedang, yaitu daerah iklim yang terletak pada 35 derajat LU – 66,5 derajat LU dan 35 derajat LS – 66,5 derajat LS. Pada daerah ini umumnya memiliki rentang suhu yang lebih luas sepanjang tahun dan perubahan musim di wilayah ini antara musim panas dan musim dingin biasa sejuk, tidak terlalu panas atau dingin.
  4. Iklim dingin, yaitu daerah iklim yang terletak pada 66,5 derajat LU – 90 derajat LU dan 66,5 derajat LS – 90 derajat LS. Pada daerah iklim kutub ini musim panas sangat kurang. Setiap bulan dalam iklim kutub memiliki suhu rata-rata kurang dari 10 derajat Celcius. Pada daerah kutub akan ada suatu hari dimana menjadi siang atau malam sepanjang hari tergantung dari posisi bumi dan matahari saat berrotasi dan berevolusi.
Baca Juga  Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang iklim matahari. Semoga bermanfaat.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang faktor yang mempengaruhi pelapukan bisa klik brainly.co.id/tugas/2103655
  2. Kajian tentang bapak demografi dunia bisa klik brainly.co.id/tugas/8804436
  3. Kajian tentang DAS Bengawan Solo bisa klik brainly.co.id/tugas/2690623

Detail jawaban  

Kelas : 10

Mapel : Geografi

Bab 3 : Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya

Kode : 10.8.2003  

Kata Kunci : Iklim Matahari, Tropis, Sedang, Dingin

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Iklim matahari memiliki penggolongan sebagai berikut Semoga Membantu.