Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya

Akibat yang di timbulkan dari keberagaman sosial budaya yaitu ada 2 dampak :

  1. dampak positifnya yaitu terbentuknya masyarakat yang penuh toleransi, kekayaan kearifan lokal yang luar biasa, dan menjadi daya tarik bagi orang luar
  2. dampak negatifnya yaitu masyarakat menjadi apatis akan kebudayaan yang ada, muncul kelompok radikal yang tidak sepaham dengan keberagaman dan timbulnya rasisme atau dibedakan berdasarkan golongan tertentu

Pembahasan

Keberagaman sosial budaya merupakan kekayaan tersendiri dan bisa menjadi hal yang tidak dapat tertandingi dibandingkan dengan daerah lain. Dengan semakin kaya akan sosial dan budaya maka suatu daerah akan lebih berharga dan disegani. Banyaknya suku, agama, ras menunjukkan bahwa keberagaman adalah sebuah hal yang sangat indah dan patut untuk dilestarikan, karena dengan melestarikan kebudayaan maka sama saja membiasakan diri menjaga keunikan atau kekhasan daerah.

Dalam kondisi yang majemuk tentu perlu sesuatu yang bisa mempersatukan, di Indonesia kita kenal dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu jua. Dengan adanya semboyan tersebut walaupun kita berbeda karena keberagaman tetapi tetap merasa satu dan saling memiliki serta saling menghormati antar satu sama lain. Hal ini akan menjadi talak ukur bahwa keberagaman akan melahirkan sesuatu yang hebat dan menjadi kesatuan yang erat.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: Bab 5 – Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural

Kode: 11.20.5

Kata kunci: keberagaman, budaya, Indonesia

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya Semoga Membantu.