Latar belakang kedatangan jepang ke indonesia

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Latar belakang kedatangan jepang ke indonesia

LATAR BELAKANG PENDUDUKAN/PENGUASAAN JEPANG.

1. Perubahan besar-besaran yang dilakukan Jepang pada masa pemerintahan Tenno Meiji yang menempatkan Jepang sebagai negara Industri modren yang sejajar dengan bangsa Barat. Pembaharuan yang disebut Restorasi Meiji membawa akibat perubahan haluan politik Jepang dari menutup diri terhadap pengaruh asing menjadi Imperalis.

2. Berdasarkan kebijakan Imperalis Hakko-ichu-u. menjadikan Jepang bermaksud menjadikan Asia sebagai kesatuan wilayah dibawa pemimpinnya untuk mencapai maksud Jepang membangun perasaan persaudaraan Asia Jepang menyebut dirinya saudara tua, mempropagandakan perang Pasifik sebagai perang Asia Timur Raya dan melancarkan gerakan Tiga A yaitu “Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia”.

3. Sebagai negara industri dan militer, Jepang membutuhkan bahan mentah untuk industri dan mesin perang. Dengan kekayaan sumber daya alamnya, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan Jepang tersebut.

4. Sentimen terhadap Imperialisme Barat dikawasan Asia turut memicu Jepang untuk segera menduduki Indonesia yang dikuasi Belanda.

LATAR BELAKANG KEDATANGAN JEPANG.

1. Ingin menjadikan Indonesia sebagai pemasok bahan- bahan mentah untuk industri dan mesin perang, Jepang mengincar wilayah yang kaya minyak bumi seperti Tarakan, Balikpapan Kalimantan Timur dan Palembang. 

2. Menjadikan Indonesia tempat pemasaran hasil industri Jepang karena jumlah penduduk Indonesia sangat banyak. 

3. Menggalang rakyat Indonesia untuk kepentingan perang menghadapi sekutu. Untuk itu Jepang memberlakukan kerja paksa Romusha dalam rangka membangun kubu-kubu pertahanan dan jaringan kereta api, Jepang juga membina sejumlah penduduk Indonesia dengan keterampilan militer.

#semogabermanfaat
#semogajawabansayaadalahyangterbaik
good luck:D

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Latar belakang kedatangan jepang ke indonesia Semoga Membantu.