Produk yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Produk yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah

Bioteknologi merupakan ilmu yang menerapkan prinsip ilmiah dan kerekayasaan untuk penanganan dan pengolahan bahan mentah dengan batuan makhluk hidup. Saat ini bioteknologi sudah makin berkembang tidak hanya konvensional namun juga modern. Tidak dipungkiri bahwa manfaat bioteknologi bagi manusia sangatlah banyak.

Pembahasan

1. Produk yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah C. yoghurt. Bakteri yang berperan dalam pembuatan yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus.

2. Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah D. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka.

3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan D. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida.

4. Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan D. kecap.

5. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah B. glukosa → CO₂ + alkohol + energi.

6. Prinsip pada bioteknologi industri adalah B. memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial.

7. Upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kecuali A. pengembangan kloning. Hewan transgenik dapat digunakan untuk menghasilkan bibit hewan unggul sehingga dapat bermanfaat dalam hasil peternakan untuk pangan.

8.  Berikut dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah D. mengurangi plasma nutfah di Indonesia. Bioteknologi yang banyak menghasilkan bibit unggul akan mengurangi keanekaragaman plasma nutfah.

9. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut D. rekayasa genetika.

10. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena B. proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan bakteri.

Baca Juga  Sejarah sebagai peristiwa juga disebut sejarah

Detil jawaban

Kelas: 3 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Bioteknologi

Kode: 9.4.7

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Produk yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah Semoga Membantu.