Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba

Kelas: VII
Mata pelajaran: Sejarah
Materi: Masa Prasejarah
Kata kunci: Neolitikum

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Manusia purba pada masa Paleolitikum dan Mesolitikum hidup nomaden dengan mengikuti binatang luar yang diburu dan dengan mengumpulkan makanan lainya dari buah-buahan dan tanaman liar.

Jawaban panjang:

Pada masa Paleolitikum (Jaman Batu Tua) dan Mesolitikum (Jaman Batu Tengah) manusia hidup berpindah-pindah atau nomaden.

Kondisi ini disebabkan karena manusia harus mengikuti binatang buruan yang merupakan sumber makanan utama mereka. Bila sumber makanan habis, manusia haru berpindah ke tempat baru.

Pada masa ini manusia belum bisa becocok tanam dan hanya mendapatkan makanan dengan berburu atau mengumpulkan makanan, misalnya mengumpulkan buah liar atau kerang pantai.

Baru pada masa Neolitikum (Jaman Batu Muda), manusia mulai mengenal domestikasi atau penjinakan tanaman dan hewan. Dengan domestikasi ini manusia mulai menanam tanaman pangan seperti gandum, dan padi serta menenrnakkan hewan seperti kuda dan sapi.

Pertanian dan peternakan ini memberikan manusia akses ke makanan yang junlahnya stabil.

Kondisi ini dan disertai dengan penemuan geerabah atau keramik untuk menyimpan makanan, memungkinkan manusia untuk hidup menetap dan tidak lagi harus berpindah-pindah mengikuti hewan buruan.

Manusia sekarang tidak perlu lagi harus nomaden mengikuti binatang buruan agar bisa mencari makan. Akibatnya, mulai muncullah pemukiman tetap seperti desa-desa.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba Semoga Membantu.

Baca Juga  Gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf disebut