5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang 5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia

5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia:

  1. Faktor keturunan
  2. Kekurangan gizi
  3. Makanan yang tidak sehat
  4. Kebiasaan buruk seperti merokok
  5. Inveksi penyakit

Pembahasan:

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi transportasi zat dalam tubuh, terutama darah dan zat yang terkandung di dalamnya.

Organ utama peredaran darah adalah jantung, serta pembuluh darah yang mengalirkan darah dan organ paru-paru tempat pertukaran udara did arah.

Sistem pembuluh darah ini dapat mengalami gangguan kesehatan, yang disebabkan oleh:

1. Faktor keturunan

Beberapa penyakit sistem peredaran darah disebabkan kondisi genetis yang diwariskan dari orang tua ke pada anak. Misalnya adalah hemofilia yang membuat darah sulit membeku.

Karena disebabkan kondisi genetis, maka penyakit turunan ini tidak dapat disembuhkan, hanya dapat ditangani untuk mengurangi dampaknya. Penyakit turunan ini tidak dapat menular, namun hanya dapat diwariskan dari orang tua ke anak.

2. Kekurangan gizi

Sistem peredaran darah membutuhkan nutrisi untuk dapat berfungsi baik. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan penyakit. Misalnya anemia di mana darah kekurangan sel darah merah sehat (eritrosit), akibat tubuh kekurangan asupan zat besi (Fe).

3.  Makanan yang tidak sehat

Makanan yang banyak lemak dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat oleh lemak dan menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena itu untuk menghindari penyakit ini, kita harus mengurangi makanan berlemak seperti daging merah.

4. Kebiasaan buruk seperti merokok

Merokok meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Merokok juga merusak lapisan arteri pembuluh darah. Nikotin yang merupakan senyawa aktif dalam rokok menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Baca Juga  Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah adalah

5. Infeksi penyakit

Beberapa penyakit pada sistem peredaran darah disebabkan oleh inveksi. Misalnya penyakit malaria yang disebabkan infeksi protozoa Plasmodium malariae, yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Anopheles.

————————————————————————————-  

Detail Jawaban:

Kode: 6.4.2

Kelas: VI

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Perkembangan Makhluk Hidup

Kata kunci: Penyebab Gangguan Sistem Organ Peredaran Darah  

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang 5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia Semoga Membantu.