Skala termometer yang sering digunakan di indonesia adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Skala termometer yang sering digunakan di indonesia adalah

Termometer yang banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah termometer dengan satuan ​derajat Celcius (°C).

Pembahasan

Suhu merupakan suatu besaran yang dipergunakan untuk menunjukan derajat panas (kalor) suatu benda. Di dunia, ada tiga jenis skala atau satuan suhu yang banyak digunakan, yaitu Celsius (untuk keperluan sehari-hari), Fahrenheit (di Amerika Serikat), dan Kelvin (satuan internasional untuk keperluan ilmiah).

Di Indonesia, satuan suhu yang dipergunakan adalah Celsius (ºC), sedangkan satuan suhu yang dipergunakan secara internasional dan merupakan satuan internasional (SI) adalah Kelvin (K). Selain Celsius dan Kelvin, terdapat beberapa satuan lainnya yang dipergunakan untuk menunjukan derajat panas benda, diantaranya adalah Fahrenheit, Réaumur, Rankine, Delisle, Newton, dan Rømer.

Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celsius, Reaumur, Fahrenheit dan Kelvin. Perbandingan antara satu jenis termometer dengan termometer lainnya mengikuti:  

C : R : (F − 32) = 5 : 4 : 9  

K = C + 273

Karena dari Kelvin ke derajat Celsius, Kelvin dimulai dari 273 derajat, bukan dari -273 derajat. Dan derajat Celsius dimulai dari 0 derajat. Suhu Kelvin sama perbandingan nya dengan derajat Celsius yaitu 5:5, maka dari itu, untuk mengubah suhu tersebut ke suhu yang lain, sebaiknya menggunakan atau mengubahnya ke derajat Celsius terlebih dahulu, karena jika kita menggunakan Kelvin akan lebih rumit untuk mengubahnya ke suhu yang lain.

Secara kualitatif, kita dapat mengetahui bahwa suhu adalah sensasi dingin atau hangatnya sebuah benda yang dirasakan ketika menyentuhnya. Secara kuantitatif, kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan termometer. Suhu dapat diukur dengan menggunakan termometer yang berisi air raksa atau alkohol. Kata termometer ini diambil dari dua kata yaitu thermo yang artinya panas dan meter yang artinya mengukur.

Baca Juga  Bagaimana cara menampilkan rasa percaya diri saat mendeklamasikan puisi

Skala Celcius (°C)

Skala Celsius:

Skala Celsius adalah skala yang ditemukan oleh astronom Swedia, Anders Celsius pada tahun 1742. Skala Celsius adalah suatu skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar.

Pada kegiatan dimana interaksi dengan air dan titik beku dan didihnya sering terjadi, skala Celsius sangat bermanfaat. Misalnya suhu dingin saat salju turun adalah suhu di bawah 0 derajat Celsius, karena suhu ini adalah suhu di bawah titik didih air. Kemudian ketika kita memasak air, maka kita mudah mengetahui bahwa suhu didih air adalah 100 derajat Celsius.

Karena jarak antara titik didih dan titik beku pada skala Celsius adalah 100 point, maka sangat mudah dilakukan pembagian dan perkalian dalam Celsius. Ini berbeda dengan skala Fahrenheit yang memiliki jarak titik didih dan titik beku 180 point, atau skala Reaumur yang jaraknya sebesar 80 point.  Skala Kelvin digunakan dalam pengukuran Ilmiah, dan ditentukan dengan menetapkan titik suhu nol absolut pada suhu -273,15 derajat Celsius. Sehingga, ketika kita mengetahui atau mengukur suhu dalam skala Celsius, kita dapat dengan mudah mengubah suhu dalam Celsius ini ke dalam suhu dalam Kelvin dengan mengurangkannya dengan 273,15.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban  

Kelas: 7

Mapel: Fisika

Bab: Suhu, Pemuaian dan Kalor

Kode: 7.6.7  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Skala termometer yang sering digunakan di indonesia adalah Semoga Membantu.