Jelaskan pengertian seni rupa dua dimensi

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan pengertian seni rupa dua dimensi

Jelaskan pengertian seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi beserta contohnya  

Jawaban  

Pendahuluan  

Seni rupa merupakan sebuah cabang yang membuahkan hasil berupa karya seni dengan media yang dapat dilihat dan dirasakan. Dari waktu ke waktu dengan berkembangnya jaman, terjadi banyak sekali perubahan – perubahan yang dialami oleh seni. Ketika berbicara mengenai seni memang tak akan pernah ada habisnya karena seni sendiri merupakan wujud atau hasil dari ekspresi seseorang dalam menumpahkan imajinasinya dalam bentuk cerita, keindahan dan curahan hati.  

Pembahasan

1. Seni rupa 2 dimensi

Seni rupa 2 dimensi merupakan seni rupa yang identik dengan panjang dan lebar saja.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi :  

  • Seni Lukis, merupakan sebuah pengembangan dari menggambar. Medium yang biasa digunakan dalam melukis ialah kanvas, papan, kertas, dan sebagainya.
  • Seni grafis, merupakan ssebuah karya seni rupa yang pembuatannya dengan teknik cetak, contoh yang sering ditemui ialah poster.
  • Seni ilustrasi, merupakan suatu karya seni yang dibuat untuk menjelaskan isi dari cerita, puisi, tulisan dan sebagainya.

2. Seni rupa 3 dimensi

Baca Juga  Rumusan dasar negara menurut ir soekarno

Seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang yang identik dengan panjang, lebar, dan tinggi. Tidak hanya itu seni rupa ini juga terdapat volume dan dapat menempati ruang.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi :  

  • Patung, merupakan sebuah karya seni yang dibuat menyerupai bentuk tertentu misalnya hewan , manusai dan lain sebagainya, yang bahannya dari benda padat ataupun lunak.
  • Seni kriya, merupakan sebuah karya seni yang dibuat dengan memiliki fungsi dan kegunaan dalam kehidupan masyarakat sehari – hari dari karya tersebut. Contohnya saja seperti karya dari batu, tanah, logam, kain dan kayu.  
  • Seni keramik, merupakan sebuah karya seni rupa yang menggunakan bahan olahnya dari material keramik. Contohnya saja seperti vas bunga, guci dan lain sebagainya.

Kesimpulan  

Seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi merupakan seni rupa yang berdasarkan wujudnya. Seni rupa 2 dimensi identik dengan panjang dan lebarnya saja sepertihalnya lukisan, sedangkan seni rupa 3 dimensi identik dengan panjang, lebar dan tinggi  bahkan volume dan ruang sepertihalnya patung.  

Pelajari lebih lanjut  

  1. Materi tentang Sebutkan 10 contoh karya seni rupa 2 dan 3 dimensi brainly.co.id/tugas/419801

—————————–  

Detil Jawaban  

Kelas : 10 SMA  

Mata Pelajaran : Seni Budaya  

Kategori : Bab 1 – Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi & Bab 2 – Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi

Kata Kunci : pengertian seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi beserta contohnya, contoh karya seni rupa 2 dan 3 dimensi

Kode : 10.19.1  & 10.19.2

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan pengertian seni rupa dua dimensi Semoga Membantu.