Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk dilingkungan kita

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk dilingkungan kita

Upaya yang paling efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita adalah menghilangkan genangan air dan membasmi jentik nyamuk, agar nyamuk tidak dapat berkembang biak dan memutus siklus hidup nyamuk.

Pembahasan:

Nyamuk adalah kelompok serangga yang berbahaya bagi kesehatan, karena menyebarkan berbagai macam penyakit. Misalnya, nyamuk Anopheles yang menyebarkan penyakit malaria, dan nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah.

Untuk memberantas nyamuk ini arus dilakukan upaya terpadu untuk membunuh nyamuk dan mencegahnya berkembang biak.

Dalam pemberantasan ini perlu dicegah perkembangbiakan nyamuk ini dengan memberantas larva atau jentik nyamuk. Pemberantasan jentik bisa dilakukan dengan menghilangkan genangan air tempat bekembang biaknya nyamuk. Genangan ini bisa ditemukan di saluran air yang stagnan atau di wadah dari limbah sampah rumah tangga yang tergenang air saat hujan.  

Jentik nyamuk di air dapat diberantas dengan menggunakan obat nyamuk, atau dengan menggunakan hewan pemangsa jentik seperti berudu katak.

Untuk membunuh nyamuk dewasa bisa digunakan penyemprotan di wilayah yang rawan nyamuk dengan menggunakan bahan kimia seperti Pyrethirn.

Kita juga bisa melakukan pemberantasan nyamuk dengan mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Pintu, jendela dan lubang udara yang menjadi tempat masuk nyamuk perlu ditutup dengan kasa anti nyamuk.

Pelajari lebih lanjut:

Metamorfosis pada nyamuk tergolong metamorfosis sempurna karena…  

Detail Jawaban    

Kode: 7.4.8  

Kelas: VII  

Mata Pelajaran: Biologi        

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan  

Kata Kunci: Pemberantasan Nyamuk  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk dilingkungan kita Semoga Membantu.