Perbedaan planet dalam dan planet luar

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Perbedaan planet dalam dan planet luar

Perbedaan Planet Dalam dan Planet Luar:

  1. Lokasi: Planet Dalam terletak di antara Matahari dan Sabuk Asteroid, sementara Planet Luar terletak selepas Sabuk Asteroid
  2. Penyusun: Planet Dalam merupakan planet terestrial yang tersusun dari batuan dan mineral, sementara Planet Luar merupakan planet gas yang tersusun dari gas hidrogen dan helium
  3. Ukuran: Planet Dalam berukuran lebih kecil dari Planet Luar yang berukuran besar

Yang termasuk planet dalam adalah:

  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars

Yang termasuk planet luar adalah:

  1. Jupiter
  2. Saturnus
  3. Uranus
  4. Neptunus

Pembahasan:

Di Sistem Tata Surya kita terdapat 8 planet yang mengelilingi Matahari. Planet-planet ini yaitu (dari yang paling dekat dengan Matahari): Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.  

Planet dalam adalah planet yang orbitnya terletak di bagian dalam antara Matahari dan sabuk asteroid, yang ukuranya kecil dan kebanyakan penyusunnya adalah batuan dan mineral (planet terrestrial). Planet dalam yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Planet luar adalah planet yang orbitnya terletak di bagian luar selepas sabuk asteroid, yang memiliki kesamaan yaitu ukuranya yang besar, susunannya yang sebagian besar terdiri atas gas (sehingga disebut juga juga planet gas raksasa atau gas giant) dan ukuran satelitnya yang juga besar. Planet luar yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Meski memiliki perbedaan kedua jenis planet ini sama-sama memiliki ciri planet pada umumnya. Setiap planet di Tata Surya, termasuk Bumi, bergerak atau beredar mengelilingi Matahari dalam gerak Revolusi, serta pada sumbunya yaitu gerak Rotasi.

Planet tidak memancarkan cahaya sendiri, karena tidak mengalami reaksi fusi yang menghasilkan energi cahaya, seperti pada Matahari. Sehingga cahaya dari planet yang kita lihat merupakan cahaya matahari yang dipantulkan.

Baca Juga  2 1 2 jam berapa menit

————————————————————————–

Detail Jawaban    

Kode:  8.4.10  

Kelas: VII  

Mata Pelajaran: Fisika        

Materi: Bab 10 – Tata Surya  

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Perbedaan planet dalam dan planet luar Semoga Membantu.