Adanya co2 yang berlebih di udara dapat mengakibatkan terjadinya

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Adanya co2 yang berlebih di udara dapat mengakibatkan terjadinya

Adanya CO2 yang berlebih di udara dapat menimbulkan pemanasan global

Pembahasan:  

Pemanasan global (global warming) adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Faktor yang menyebabkan kenaikan yang drastis suhu bumi ini adalah meningkatnya gas rumah kaca di atmosfer bumi.

Gas rumah kaca (greenhouse gas) adalah gas yang meningkatkan suhu atmosfer bumi karena menyerap panas dari sinar matahari.  

Gas rumah kaca terbanyak adalah gas karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil dan pembakaran hutan.  

Dampak dari pemanasan suhu atmosfer adalah meningkatnya uap air yang berada di udara sebelum dapat menjadi titik-titik hujan. Akibatnya, curah hujan berkurang dan terjadi kekeringan.

Kekeringan ini menyebabkan lahan pertanian menjadi gersang dan menyebabkan gagal panen. Kekeringan dan kemarau ini akan menyebabkan kebakaran hutan, seiring dengan berubahnya pola hujan.

Pemanasan global juga menyebabkan melelehnya lapisan es di kutub serta mencairnya gletser yang berada di pegunungan tinggi, yang menyebabkan naiknya permukaan laut. Peningkatan air laut ini menyebabkan kerusakan di daerah pantai.

————————————————————————–

Detail Jawaban    

Kelas: VII  

Kode: 7.7.5  

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Adanya co2 yang berlebih di udara dapat mengakibatkan terjadinya Semoga Membantu.

Baca Juga  Banyak persegi pada gambar berikut adalah