Organ gerak burung dan fungsinya

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Organ gerak burung dan fungsinya

Nama organ gerak burung adalah sayap dan kaki.

  • Sayap fungsinya adalah menghasilkan gaya angkat untuk terbang.  
  • Kaki berfungsi untuk berjalan, atau mendayung dan berenang pada burung air seperti bebek.

Pembahasan:  

Burung bergerak terbang dengan mengepakkan sayapnya.  Sayap burung merupakan modifikasi pada lengan depan yang tertutup oleh bulu dan dapat dikepakkan untuk menimbulkan gaya angkat sehingga burung dapat terbang.

Sayap burung memiliki bentuk aerofoil, yaitu bentuk dari suatu benda yang mendatar di bagian bawah, dan cembung di bagian atas.  

Ketika burung terbang, akan ada aliran udara dari arah depan yang melalui sayap burung. Aliran udara di bagian atas sayap burung yang melengkung akan mengalir lebih cepat bila dibandingkan dengan udara di bagian bawah sayap burung yang mendatar.

Akibat dari perbedaan kecepatan aliran udara ini, terjadi perbedaan tekanan antara udara. Di bawah sayap burung yang tekanannya lebih besar dan di atas sayap burung yang tekanannya lebih kecil.

Perbedaan tekanan udara ini menyebabkan aliran udara dari bawah sayap burung ke atas, yang membuat adanya gaya angkat (lift).

Prinsip fisika yang diterapkan oleh sayap burung ini disebut dengan prinsip Bernoulli. Prinsip Bernoulli menyatakan bahwa dalam fluida dinamis kenaikan dari kecepatan zat cair akan diikuti dengan penurunan tekanan, begitu pula sebaliknya.  

Burung mengepakkan sayapnya untuk menimbulkan aliran udara yang pada gilirannya menghasilkan daya angkat ini. Untuk menghemat energi beberapa burung akan terbang dengan memanfaatkan aliran angin, terutama bila menempuh jarak jauh.  

Pelajari Lebih Lanjut

1. Sebutkan ciri-ciri ikan

2. Apa itu yang dimaksud dengan mamalia, aves ,pisces, amfibi, reptilia  

Baca Juga  Dalam mendesain benda kerajinan perlu memahami ilmu keindahan yang disebut

Detail Jawaban          

Kode: 8.6.1  

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Fisika  

Materi: Bab 1 – Gerak

Kata kunci: Gerak Burung, Sayap

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Organ gerak burung dan fungsinya Semoga Membantu.