Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan

Kalimat resensi adalah kalimat yang berisi tentang ulasan suatu hasil karya dengan tujuan apakah hasil karya yang diulas tersebut pantas mendapatkan sambutan dari masyarakat atau tidak. Kalimat-kalimat resensi bersifat sugestif dan terletak pada akhir resensi atau ulasan.

Pembahasan

Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan ….

a. Buku ini secara keseluruhan memberikan perlindungan terhadap anak-anak lndonesia pada masa depan dalam lingkungan yang baik-baik.

b. Gaya Mochtar Lubis sangat khas, penggunaan majas perbandingan banyak digunakan di dalam buku ini. (majas merupakan salah satu ciri fiksi).

c. Semua unsur yang harus dimiliki dalam sebuah buku fiksi terpenuhi dalam buku ini. (Perhatikan kata ‘fiksi’).

d. Buku ini mengisahkan seorang guru yang bernama lsa yang hidup pada masa revolusi. (Buku biografi merupakan contoh dari buku nonfiksi).

e. Dalam Burung-Burung Manyar pengarang menghubungkan kejadian yang dialami tokoh utamanya Setidewa alias Teto yang ber-aku.

Kata kunci pada soal adalah kata ‘nonfiksi’, yang menunjukkan resensi tersebut mengulas buku yang disusun berdasarkan kenyataan.

Jadi, jawabannya adalah D.

Pelajari lebih lanjut

—————————-

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menilai Karya melalui Resensi (bab 7)

Kode: 11.1.7

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan Semoga Membantu.

Baca Juga  Hukum nun mati dan tanwin beserta contohnya