Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah

Kita harus memberi pendapat dalam musyawarah agar pendapat kita bisa didengar, dapat membantu merumuskan solusi dari permasalahan dan dapat saling memahami perbedaan pendapat yang ada.

Pembahasan:

Sila ke 4 dalam Pancasila adalah “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”. Sila ini dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai berlatar merah.

Musyawarah dan mufakat dalam sila ke-4 ini sangat erat dalam konsep kedaulatan atau kekuasaan rakyat, sifat demokratis dan menghargai keputusan bersama.  Penerapan sila ini berkaitan dalam pengambilan putusan dalam konteks hidup bermasyarakat.  Untuk mengambil keputusan dan menyelesaikan persoalan bersama, diperlukan musyawarah dan mufakat, agar keputusan yang diambil dapat merupakan keputusan terbaik yang disetujui oleh pihak-pihak di masyarakat.

Dalam musyawarah, setiap peserta sebaiknya memberikan pendapat. Hal ini agar pendapat dapat didengar, agar solusi dari permasalahan dapat dirumuskan dengan memperhatikan saran tiap anggota dan agar dapat saling memahami perbedaan pendapat yang ada.

Sehingga bila ada perbedaan pendapat, maka perbedaan ini harus dihargai dan tidak menyebabkan permusuhan. Meski demikian, bila musyawarah sudah menyepakati keputusan, maka semua peserta harus menaati keputusan ini untuk kepentingan bersama.

—————————————————————————-

Detail jawaban:

Kode: 8.9.1

Kelas: VIII  

Mata pelajaran: PPKN    

Materi: Bab 1 – Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah Semoga Membantu.

Baca Juga  Fungsi lagu pengiring dalam tari adalah