Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada teman yang berkata kotor

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada teman yang berkata kotor

apabila ada teman ysng berkata kotor maka yanag ahrus kita lakukan adalah menasehatinya dengan baiki dan hikmah, kemudian serahkan kepada ALLAH . karena tugas manusia hanya menyampaikan, dan hanya ALLAH yang Maha Memperbaiki.

PEMBAHASAN

Dalam surah Al Asr, ALLAH  Ta’ala berfirman yang artinya “Sungguh, manusia berada dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.”. ini adalah berupa peringatan dan perintah dari ALLAH bahwa seluruh manusia berada dalam kerugian, kerugian karena waktu terus berjalan namun manusia terjebak dalam keterbatasan waktu ini menuju kebinasaan. kecuali mereka yang menghabiskan waktunya untuk 3 perkara, yaitu mereka yang beriman kapada ALLAH , berbuat amal kebajikan kemudian mereka berdakwah ditengah manusia untuk mengajak manusia kepada kebajikan dan menasehati dalam kebenaran serta mereka sabar dalam jalan ini.

Dan Rasulullah bersabda yang artinya, “Sesungguhnya tidak ada sesuatu apapun yang paling berat ditimbangan kebaikan seorang mu’min pada hari kiamat seperti akhlaq yang mulia, dan sungguh-sungguh (benar-benar) Allah benci dengan orang yang lisannya kotor dan kasar.” (HR Tirmidzi nomor 2002 )

Nah lalu bagaimana bila ada teman yang suka berkata kasar ? Rasulullah bersabda yang mahfumnya bila kau melihat kemaksiatan didepan matamu maka hentikan dengan tanganmu, bila tak mampu dengan lisanmu, bila tak mampu  camkan dalam hati itu kemaksiatan. Dengan demikian maka kita wajib menasehati teman kita agar teman kita selamat dari murka ALLAH di dunia maupun di akhirat karena suka berkata kotor, menasehati itu berpahala sangat besar, dan bentuk kasih sayang sebenarnya terhadapa oraang lain adalah menyelamatkannya dari dosa. Caranya yaitu menasehati dengan baik dan dengan hikmah,  Sampaikan fadhilah berkata baik , tidak hanya ancaman. Kemudian doakan agar ALLAH turunkan hidayah untuknya.

Baca Juga  Salah satu contoh buku non fiksi adalah

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu dan membuat wawasan adik-adik bertambah ya ! ingat selalu berpegang teguh pada agama ALLAH dan saling kasih mengasihi antara sesama saudara muslim.

Untuk soal-soal agama lainnya, adik-adik bisa cek link dibawah ini ya, Insha ALLAH jawabannya sudah terverifikasi team brainly.

Oke adik adik Semangat belajarnya yaa !!! jangan lupa jadikan jawaban terbaik !

…………………………………………………………………………………………………………………………..

DETAIL JAWABAN

Kelas : VII

Pelajaran : Agama

Kategori :  Bab 4 – perilaku terpuji

Kata Kunci : menasehati teman yang suka berkata kotor

Kode : 7.14.4

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada teman yang berkata kotor Semoga Membantu.