Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua

Orang tua merupakan merupakan guru pertama yang mendidik dan mengajari manusia tentang banyak hal. Orang tua merawat dan menjaga anaknya dari dalam buaian hingga dewasa. Sebagai anak kita harus menghormati dan mematuhi mereka. Sebelum mengetahui lebih jauh, kita harus tahu dulu tentang hormat dan patuh.

Hormat secara bahasa artinya menghargai, takzim, sopan, menaruh penghargaan, dan perbuatan yang menandakan rasa hidmat. Secara istilah hormat berarti perasaan menghargai orang tua yang memiliki kelebihan baik segi usia, ilmu, kedudukan, pengalaman, maupun keimanan.

Patuh secara bahasa artinya taat, berdisiplin, dan suka menurut. Secara istilah patuh berarti mematuhi semua perkataan dan peraturan yang ditetapkan. Seseorang yang taat kepada orang tua akan senantiasa menghormati dan mematuhi perintah dan menjauhi larangan mereka.

Perintah menghormati dan mematuhi orang tua dijelaskan dalam Q.S Al-Isra’ ayat 23 dan Q.S Luqman ayat 14.

Adapun alasan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua yakni :
1. Orang tua telah berkorban demi anaknya, dari ibu yang 9 bulan mengandung dan membesarkan anaknya, hingga ayah yang terus mencari nafkah untuk keluarganya. Tentunya kita harus menghargai dan menghormati jasa yang telah mereka beri.
2. Menghormati dan mematuhi orang tua sama hal nya dengan menghormati dan mematuhi Allah SWT, dengan menjalankan perintah nya, dan menjauhi segala larangannya.
3. Mematuhi dan mengormati orang tua merupakan amalan mulia setelah shalat tepat waktu, sesuai dengan hadist yang dijelaskan Nabi Muhammad Saw.
4. Dengan menghormati dan mematuhi orang tua kita mendapati banyak hikmah yang Allah berikan, yakni kunci masuk surga, memberi ketenangan hati, memperoleh rezki yang banyak, dapat menghapus dosa besar, dicintai dan disayangi oleh orang banyak.

Baca Juga  Semua yang diciptakan allah disebut

Materi Tambahan :
brainly.co.id/tugas/55885
(Perilaku hormat menghormati kepada orang tua)

Mapel : B. Arab/Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas : 9
Materi : Menghormati dan Mematuhi Orang Tua
Kata kunci : Hormat, Patuh, Orang tua
Bab : 3, Menuai Keberkahan dengan Rasa Hormat dan Taat kepada Orang Tua dan Guru
Kode soal : 14
Kode kategorisasi : 9.14.3

#optitimcompetition

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua Semoga Membantu.