Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

Orang orang yang tergolong dalam kasta Sudra adalah para petani, buruh, pembantu, dan kuli.

Pembahasan:

Dalam kebudayaaan Hindu, dikenal stratifikasi sosial, atau pelapisan sosial. Masyarakat dibagi menjadi tingkatan atau lapisan yang disebut kasta atau warna. Ada empat kasta yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Sistem ini disebut juga dengan Catur Warna (Empat Warna).

Sistem ini berasal dari India, negara asal agama Hindu, dan diterapkan juga di Indonesia pada masa Hindu Buddha, seperti pada masa Kerajaan Mataram kuno atau Kerajaan Majapahit. Pada masa sekarang masyarakat Bali yang beragama Hindu juga menerapkan sistem ini.

Di Indonesia, penerapan sistem kasta tidak sekaku atau seketat di India. Di India, dalam penerapan paling ketat, orang yang berlainan kasta dilarang menikah, dan bahkan orang dari kasta tinggi tidak boleh makan dari piring yang sama atau terkena bayang-bayang orang berkasta rendah.  

Ke empat kasta tersebut adalah:  

1.   kasta Brahmana

Brahmana adalah kasta para pendeta, pemuka agama, dan guru. Orang dari kasta Brahmana diberi hak untuk memimpin upacara keagamaan, memberi pemberkatan dan mengelola kuil.  

2.   kasta Ksatria  

Kasta ini adalah para prajurit, para raja dan bangsawan. Orang dari kasta Brahmana umumnya menyelenggarakan pemerintahan dan memimpin kerajaan. Mereka juga yang umumnya memimpin peperangan.

3.   kasta Waisya  

Kasta ini adalah para pedagang, perajin dan pengusaha. Orang dari kasta Waisya bergerak dibidang perniagan dan keuangan.  

4.   kasta Sudra.  

Kasta ini adalah kasta paling rendah, terdiri dari para petani, buruh, pembantu, dan kuli. Mereka umumnya berada di kedudukan sosial yang rendah dan miskin.  

Baca Juga  Orang yang memberikan materi diskusi atau pembicara dalam diskusi disebut

Pelajari lebih lanjut:

Mengapa budaya India pada masa Hindu Budha diterima oleh masyarakat Indonesia?

————————————————————————————-

Kode:  10.3.4  

Kelas: X  

Mata Pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 4 – Indonesia Zaman Hindu dan Buddha

Kata Kunci: Sistem Kasta

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah Semoga Membantu.