Sebutkan sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab

Sifat-Sifat Umar Bin Khattab :

1) Pemberani.

Umar Bin Khattab merupakan sosok yang sangat pemberani, sampai pada waktu Umar Bin Khattab belum masuk Islam, dakwah islam dilakukan secara sembunyi”, dan setela Umar Bin Khattab masuk islam, beliau dengan beraninya membentengi Rosulullah dari kaum Quraysy, sehingga dakwah islampun mulai dilakukan dengan terang”an.

2) Sederhana

sosok pemimpin seperti Umar Bin Khottab adalah sosok pemimpin yang sangat tepat untuk diteladani, karena sikap sederhananya, meskipun Beliau sudah menjadi kholifah (pemimpin) namun hidup beliau dan keluarga masih tetap sederhana, bahkan untuk beli baju baru buat anak”nya saja beliau tdk mampu.

3) Adil

Umar Bin Khattab bersikap proporsional, meskipun beliau seorang pemimpin namun beliau tetap adil terhadap rakyat dan keluarganya, jika keluarganya bersalah, beliau tetap menghukumnya sebagaimana jika rakyatnya bersalah.

4) Tegas

Umar Bin Khattab dengan tegasnya meminta panglima perang islam yang tak terkalahkan untuk berhenti, dan sang panglimapun dengan keihlasan mengundurkan diri, hal ini dilakukan beliau untuk menunjukkan bahwa tentara islam tidak bersandar pada seorang panglima, tentara islam akan tetap jaya jika bersandar pada Allah.

5) Loyalitas tinggi

keloyalitasannya diwujudkan dengan menginfakkan 50% hartanya untuk perjuangan islam, padahal kehidupan keluarganya belom dapat dibilang mewah, masih tergolong kurang, namun beliau tidak takut keluarganya akan kelaparan dengan Beliau infakkan 50% hartanya itu

6) tanggung jawab

sosok Umar Bin Khattab adalah sosok pemimpin yang amat sangat bertanggung jawab

7) mau menerima kritikan

sosok Umar Bin Khattab tidak merasa sebagai pemimpin yang sempurna, yang tidak perlu dikritik lagi, sosok Umar Bin Khattab selalu menerima kritikan buat lbh baik

Baca Juga  Berikut yang bukan merupakan faktor pembentuk integrasi nasional adalah

8) gemar musyawarah

jika ada masalah selalu diselesaikan dengan musyawarah

9) mau mengakui kesalahan

Pembahasan

Umar bin Khattab adalah khalifah kedua sesudah Abu Bakar Ash-shiddiq, yang berkuasa pada tahun 634 sampai 644. Dia juga digolongkan sebagai salah satu Khulafaur Rasyidin. ‘Umar merupakan salah satu sahabat utama Nabi Muhammad dan juga mertua Nabi Muhammad SAW, karena Umar merupakan ayah dari Hafshah, istri Nabi Muhammad.

Umar sangat takut akan pertanggung-jawaban yang akan ditanyakan kelak diahirat, karena itu Umar tidak pernah menggunakan yang bukan Haknya. Meskipun Umar seorang pemimpin atau penguasa, namun hidupnya sangat sederhana, karena Umar tidak mau menggunakan harta negara yang merupakan Hak rakyatnya untuk keperluannya.

Pelajari Lebih Lanjut

===================

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : SKI

Kategori : Khulafaur Rosidin  

Kode : –

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan sifat sifat yang dimiliki umar bin khattab Semoga Membantu.