Salah satu fungsi lapisan mesosfer adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Salah satu fungsi lapisan mesosfer adalah

Salah satu fungsi lapisan mesosfer adalah melindungi bumi dari hujan meteor (C). Ketika meteor masuk ke lapisan mesosfer maka  mesosfer akan membakarnya. Lalu meteor hangus dan menjadi abu sebelum sampai di permukaan bumi.  

Pembahasan

Memantulkan gelombang radio adalah fungsi termosfer. Tempat terbentuknya lapisan ozon adalah fungsi stratosfer. Tempat pembentukan dan perubahan cuaca adalah fungsi troposfer. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. Atmosfer tersusun dari beberapa gas. Gas-gas penyusun atmosfer terdiri dari metana, xenon, klorofluorokarbon, hydrogen, ozon, helium, neon, karbondioksida, argon, oksigen dan nitrogen. Atmosfer memmpunyai beberapa lapisan udara yang ketebalan dan karakteristik yang berbeda-beda. Lapisan atmosfer terdiri dari troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, eksosfer atau atmosfer luar.  

Mesosfer adalah salah satu lapisan dari atmosfer. Lapisan mesosfer terdapat pada ketinggian antara 49-85 km di atas permukaan bumi. Pada lapisan mesosfer setiap naik 1000m, suhu aka turun 2,5 0-3 0C, sehingga suhu udara pada lapisan paling atas mencapai -90 0C. lapiosan mesosfer dengan lapisan diatasnya dibatasi oleh mesopause. Meopause adalah daerah transisi antara lapisan mesosfer dengan suhu terendah 110 0C.  

Selain lapisan mesosfer juga terdapat lapisan termosfer. Lapisan termosfer terdapat pada ketinggian antara 85 hingga 500 km di atas permukaan bumi yang lebih sering disebut dengan lapisan panas (hot layer). Suhu udara di bagian bawah berkisar -900C. Sedangkan di bagian atas mencapai kurang lebih 1010 0C. Pada lapisan mesosfer terdapat lapisan ionosfer yang terletak antara 85-375km di atas permukaan bumi. Partikel-partikel ion yang dihasilkan lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelombal radio, baik gelombang panjang maupun gelombang pendek. Eksosfer merupakan lapisan atmosfer yang paling tinggi. Pada lapisan ini, kandungan gas-gas atmosfer sangat rendh. Batas antara eksosfer (yang pada dasarnya juga adalah batas atmosfer dengan angkasa luar tidak jelas. Daerah yang masih termasuk eksosfer adalah daerah yang masih dapat dipengaruhi gaya gravitasi bumi. Garis imajiner yang membatasi eksosfer dengan angkasa luar disebut magnetopause.  Lapisan atmosfer memiliki ketinggian yang berubah-ubah sesuai dengan musim, garis lintang, dan waktu.

Baca Juga  Berikut ini yang bukan merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah

Pelajari lebih lanjut      

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Sejarah

Bab: keadaan alam

Kode: 7.10.1

Kata Kunci: salah satu, fungsi, lapisan, mesosfer

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Salah satu fungsi lapisan mesosfer adalah Semoga Membantu.