Contoh dampak negatif dari mobilitas sosial horizontal adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh dampak negatif dari mobilitas sosial horizontal adalah

Tiga dampak negatif dari mobilitas sosial adalah timbulnya konflik, berkurangnya solidaritas kelompok dan timbulnya gangguan psikologis. Setiap mobilitas sosial akan menimbulkan peluang terjadinya penyesuaian-penyesuaian atau justru akan menimbulkan konflik. Berikut akan kakak jelaskan beserta contoh dari ke-tiga dampak negatif dari mobilitas sosial.

Pembahasan

A. Timbulnya Konflik

Apabila dalam masyarakat terjadi mobilitas yang kurang harmonis, maka akan timbul benturan-benturan nilai dan kepentingan sehingga muncul kemungkinan timbulnya konflik.

Konflik yang ditimbulkan oleh mobilitas sosial dapat dibedakan menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut :

  1. Konflik Antarkelas
    .
    Dalam masyarakat terdapat lapisan-lapisan. Kelompok dalam lapisan tersebut disebut kelas sosial. Apabila terjadi perbedaan kepentingan antarkelas sosial, maka bisa memicu terjadinya konflik antarkelas. Contohnya konflik antara majikan dan buruh dalam suatu perusahaan.
  2. Konflik Antarkelompok Sosial
    .
    Konflik yang menyangkut antara kelompok satu dengan kelompok lainnya karena benturan nilai dan kepentingan. Konflik ini dapat berupa: Konflik antara kelompok sosial yang masih tradisional dengan kelompok sosial yang modern. Contohnya, para supir mobil angkutan umum dan ojek konvensional yang lambat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dapat menyebabkan konflik dengan ojek dan supir Gojek dan Grab.  Proses suatu kelompok sosial tertentu terhadap kelompok sosial lain yang memilki wewenang. Contohnya,  demonstrasi mahasiswa yang menuntut kepada anggota dewan untuk menaikkan UMR.
  3. Konflik Antargenerasi
    .
    Konflik yang terjadi karena adanya benturan nilai dan kepentingan antara generasi yang satu dengan generasi yang lain dalam mempertahankan nilai-nilai lain dengan nilai-nilai baru yang ingin mengadakan perubahan. Contohnya, pergaulan bebas yang banyak dilakukan anak-anak muda dewasa ini sangat bertentangan dengan nilai yang dianut oleh generasi tua.
Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan flour clay

B. Berkurangnya Solidaritas Kelompok

Penyesuaian diri dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam kelas sosial yang baru merupakan langkah yang diambil oleh seseorang yang mengalami mobilitas, baik vertikal maupun horizontal. Hal ini dilakukan agar mereka bisa diterima dalam kelas sosial yang baru dan mampu menjalankan fungsi-fungsinya. Keadaan inilah yang menyebabkan orang-orang yang pindah lapisan yang baru akan berkurang solidaritasnya terhadap kelas sosial yang lama. Contohnya, orang kaya mendadak akan berusaha menyesuaikan diri dengan lapisan atas dalam gaya hidupnya agar bisa diterima dan dianggap sebagai bagian dari kelas sosial yang baru sehingga interaksi sosial dengan kelompok sosial sebelumnya menjadi berkurang atau tidak terjadi interaksi sama sekali.

C. Timbulnya Gangguan Psikologis

Mobilitas sosial dapat pula mempengaruhi kondisi psikologis seseorang, antara lain sebagai berikut :

  1. Menimbulkan ketakutan dan kegelisahan pada seseorang yang mengalami mobilitas menurun.
  2. Adanya gangguan psikologis bila seseorang turun dari jabatannya seperti frustasi atau stress.
  3. Mengalami frustasi atau putus asa dan malu bagi orang-orang yang ingin naik ke lapisan atas, tetapi tidak dapat mencapainya.

Menurut Horton dan Hunt (1987), ada beberapa konsekuensi negatif dari adanya mobilitas sosial vertikal, antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya kecemasan akan terjadi penurunan status bila terjadi mobilitas menurun.
  2. Timbulnya ketegangan dalam mempelajari peran baru dari status jabatan yang meningkat.
  3. Keretakan hubungan antaranggota kelompok primer, yang semula karena seseorang berpindah ke status yang lebih tinggi atau ke status yang lebih rendah.

Pada masyarakat terbuka, mobilitas mungkin banyak menguntungkan karena ada kesempatan bagi seseorang untuk mencapai jenjang status yang lebih tinggi, sedangkan pada masyarakat yang tertutup (sistem kasta) kemungkinan untuk naik ke status yang lebih tinggi tidak bisa (bahkan tidak ada) sehingga kebahagiaan ataupun kekecewaan tidak begitu dirasakan, sebab seseorang yang dilahirkan telah ditentukan statusnya.

Baca Juga  Windows server 2008 mendukung sistem klien dengan

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal: brainly.co.id/tugas/18441395
  2. Materi tentang dampak positif mobilitas sosial: brainly.co.id/tugas/17243637

———————————————————————–

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: 4 – Mobilitas Sosial

Kode: 11.20.4

Kata Kunci:  dampak negatif mobilitas sosial,  contoh dampak mobilitas sosial

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Contoh dampak negatif dari mobilitas sosial horizontal adalah Semoga Membantu.