Walang sangit melindungi diri dengan cara

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Walang sangit melindungi diri dengan cara

Walang sangit melindungi dirinya dari musuh  dengan mengeluarkan bau busuk dari tubuhnya, yang berguna menghalau pemangsa dan memberi peringatan pada walang sangit sekitarnya

Pembahasan:

Walang sangit (Leptocorisa oratoria) adalah serangga dari ordo Hemiptera, yang merupakan salah satu hewan parasit pada tanaman padi (Oriza sativa). Hewan ini merupakan hewan crepuscular, yang aktif pada pagi dan sore hari. Walang sangit dewasa berukuran panjang 14-17 mm dan lebar 3-4 mm. Walang sangit berwarna kuning-hijau muda ke kuning-coklat

Walang sangit adalah hama padi yang memakan batang dan biji padi, dan merupakan merupakan spesies hama dominan selama fase akhir pertumbuhan padi. Akibatnya petani padi dapat mengalami gagal panen, akibat kerusakan biji padi ini.

Walang sangit memiliki ciri berupa bau yang sangat busuk yang digunakan untuk melindungi diri. Bau busuk ini merupakan hasil sekresi yang dikeluarkan oleh tubuh serangga ini, yang terdiri dari 76% berupa senyawa 2-oktenal dan 16% berupa seyawa n-oktil asetat.

Senyawa bau busuk ini dikeluarkan sebagai reaksi terhadap ancaman, serta untuk memperingatkan walang sangit lain di sekitarnya. Dengan bau busuk ini, pemangsa dapat diusir, serta walang sangit lain menjadi tahu akan bahaya ini.

Pelajari lebih lanjut:

Penanggulangan hama walang sangit dapat dilakukan menggunakan teknologi ramah lingkungan, yaitu…

Detail Jawaban          

Kode: 6.4.1    

Kelas: VI

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kata kunci: Walang Sangit  

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Walang sangit melindungi diri dengan cara Semoga Membantu.