Siapa yang menyusun teks proklamasi

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Siapa yang menyusun teks proklamasi

Proklamasi memegang peranan yang penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen istimewa yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 tersebut bukan hanya menegaskan kemerdekaan kita sebagai bangsa dan negara Indonesia dari pihak manapun, terutama penjajah, tetapi juga jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka. Proklamasi kemerdekaan kita yang pada waktu itu dibacakan oleh Ir. Soekarno menjadi bukti kepada seluruh dunia bahwa Indonesia sejak awal mula adalah bangsa dan negara yang merdeka dan tidak boleh ada pihak manapun yang menjajah bangsa dan negara Indonesia baik secara fisik, mental, maupun aspek-aspek lainnya.

Penyusunan teks Proklamasi sendiri dilakukan oleh Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, serta disaksikan oleh B.M Diah, Soekarni, Sayuti Melik, dan Mbah Sudiro.

Pada saat penyusunan teks proklamasi, terjadi hal yang menarik. Shigetada Nishijima yang pada waktu itu berada di dekat ruangan penyusunan teks proklamasi dan sedang mabuk, mengatakan bahwa pemindahan kekuasaan sebagaimana yang dimaksud pada teks proklamasi haruslah merujuk pada pemindahan kekuasaan yang bersifat administratif. Namun, oleh Bung Karno, hal ini ditegaskan sebagai transfer of power dan bukan sekadar administratif. Pun begitu bahkan hingga sekarang masih beredar kabar burung yang mengatakan bahwa klaim Nishijimalah yang benar terkait konteks pemindahan kekuasaan dalam teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Setelah konsep Proklamasi selesai disusun, Sayuti Melik diberi tugas untuk menyalin dan mengetiknya dengan menggunakan mesin ketik yang pada waktu itu berhasil diambil dari kantor perwakilan AL Jerman. Menurut sejarah, mesin ketik yang digunakan pada saat itu merupakan milik Mayor Laut Dr. Hermann Kandeler. Pada hari itu juga direncanakan bahwa Proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada. Namun, berhubung adanya ancaman keamanan, maka mereka memutuskan untuk membacakan teks Proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, di kediaman Ir. Soekarno.

Baca Juga  Susunan nada yang indah akan membentuk

Simpulan:

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun oleh Ir. Soekarno, Mohammad hatta, Achmad Soebardjo, serta disaksikan oleh Sayuti Melik, Soekarni, B.M Diah, dan Mbah Sudiro.

Kelas: SD

Mata pelajaran: IPS

Kategori: Proklamasi kemerdekaan

Kata kunci: penyusun, naskah, proklamasi

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Siapa yang menyusun teks proklamasi Semoga Membantu.